Pengembangan bahan ajar berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang / Ahfidatul Husniyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang / Ahfidatul Husniyah

Husniyah, Ahfidatul (2013) Pengembangan bahan ajar berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang / Ahfidatul Husniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan ajar berbasis masalah berpikir kritis fisika. Bahan ajar semestinya mudah dipahami dapat memecahkan masalah belajar dan sesuai dengan karakteristik siswa. Pengajuan masalah yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari dapat merangsang siswa untuk memahami suatu materi. Karakterisitk siswa juga perlu diperhatikan seperti Madrasah Aliyah yang sangat dekat dengan ajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa kelas XI IPA MA serta mengukur kelayakan bahan ajar tersebut. Materi yang dibahas dalam bahan ajar ini adalah teori kinetik gas dan termodinamika. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Brog and Gall yang dimodifikasi. Langkah-langkah penelitian meliputi observasi awal studi pustaka penyusunan draft bahan ajar validasi draft bahan ajar revisi draft bahan ajar uji keterbacaan draft bahan ajar dan revisi akhir bahan ajar. Validasi draft bahan ajar dilakukan oleh dosen fisika dan guru fisika MA dengan mengisi angket untuk mengetahui kelayakan materi dan penyajian bahan ajar. Data hasil validasi berupa kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif menunjukkan hasil penilaian menggunakan skala Likert dan dianalisis dengan perhitungan nilai rata-rata. Data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator serta hasil uji keterbacaan siswa digunakan sebagai revisi bahan ajar. Hasil pengembangan bahan ajar berupa satu paket bahan ajar yang terdiri atas bahan ajar berbasis masalah petunjuk penggunaan buku untuk guru dan petunjuk penggunaan buku untuk siswa. Hasil validasi bahan ajar memperoleh nilai 3 3 untuk kedua aspek penilaian yakni aspek materi dan penyajian dengan kategori layak. Keunggulan bahan ajar yang dikembangkan adalah sesuai dengan karakteristik MA berbasis masalah sehingga memudahkan siswa dalam mempelajari suatu materi dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kekurangan bahan ajar yang dikembangkan adalah kurangnya latihan dan aplikasi yang kontekstual pada materi termodinamika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18433

Actions (login required)

View Item View Item