Pengembangan multimedia pembelajaran fisika dengan macromedia Swishmax pada materi cahaya untuk membantu meningkatkan prestasi belajar siswa SMP kelas VIII / Hadi Priyo Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran fisika dengan macromedia Swishmax pada materi cahaya untuk membantu meningkatkan prestasi belajar siswa SMP kelas VIII / Hadi Priyo Utomo

Utomo, Hadi Priyo (2013) Pengembangan multimedia pembelajaran fisika dengan macromedia Swishmax pada materi cahaya untuk membantu meningkatkan prestasi belajar siswa SMP kelas VIII / Hadi Priyo Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Multimedia Pembelajaran Animasi Prestasi Belajar. Berdasarkan observasi awal pada kelas VIII B MTs Islamiyah Songgon Kabupaten Banyuwangi nampak bahwa pembelajaran masih terpusat pada guru siswa jarang dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran ceramah pemberian latihan soal dan tugas yang sering dilakukan oleh guru belum efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari analisis hasil tes pertama menunjukkan bahwa sedikit yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 69 78 dan rerata nilai tes awal yaitu 23 53 untuk kelas eksperimen dan 50 27 untuk kelas kontrol. Salah satu model pembelajaran yang dapat memperbaiki proses pembelajaran di kelas VIII B tersebut adalah model pembelajaran dengan menggunakan mutimedia animasi audio-visual berbantuan komputer atau CAI (Computer Assisted Instruction). Model pembelajaran ini merupakan kegiatan pembelajaran instruksional maupun interaktif yang pokok-pokok meterinya dipresentasikan dalam bentuk gambaran animasi audio visual sehingga materi dapat diserap dengan maksimal. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B MTs Islamiyah Songgon Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII A MTs Islamiyah Songgon Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas media menggunakan angket dengan rentang angka 1-5 dan menggunakan persentase. Untuk hasil belajar aspek kognitif digunakan rentang 0-100 dari hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembangan media dapat dikatakan valid dan layak sehingga dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dikelas. Hasil validasi didapatkan validitas atau kelayakan media pembelajaran dari ahli media sebesar 87 50% kelayakan materi pembelajaran dari ahli materi sebesar 89 23% kelayakan media pembelajaran dari tes uji coba terbatas dan uji coba lebih sebesar 85 57% dan 90 27%. Hasil analisa soal tes juga dinyatakan bahwa reliabilitas tes cukup tinggi yaitu sebesar 0 774. Sedangkan hasil prestasi belajar siswa kelas kontrol sebelum tindakan rata-ratanya adalah 50 27 meningkat menjadi 69 86 dan hasil peningkatan prestasi belajar siswa kelas eksperimen sebelum tindakan rata-ratanya adalah 23 53 meningkat menjadi 72 35. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran dengan media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII B MTs Islamiyah Songgon Kabupaten Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18431

Actions (login required)

View Item View Item