Pengembangan bahan ajar fisika berbasis model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) pada pokok bahasan fluida untuk siswa SMA kelas XI / Hari Anggit Cahyo Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) pada pokok bahasan fluida untuk siswa SMA kelas XI / Hari Anggit Cahyo Wibowo

Wibowo, Hari Anggit Cahyo (2013) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) pada pokok bahasan fluida untuk siswa SMA kelas XI / Hari Anggit Cahyo Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bahan ajar fisika XI SMA REACT (relating experiencing applying cooperating transferring) fluida. Pada era abad 21 dibutuhkansumber daya manusia yang kreatif fleksibel mudah beradaptasi juga inovatif oleh karena itu pembelajaran harus disesuaikan dengan tuntutan yang ada. Salah satu upaya yang dilakukan adalah merubah model pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi berpusat kepada siswa.Salah satu model pembelajaran yang mampu menghasilkan sumber daya manusia kreatif fleksibel mudah beradaptasi juga inovatif adalah REACT. Model REACT memiliki beberapa keunggulan (1) membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi nyata (2) mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan nyata (3) mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi (4) meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran (5) meningkatkan kemampuan siswa untuk dapat mentransfer konsep yang sudah ia miliki ke permasalahan yang lebih komplek. Menurut Kurniawan (2012 39) fluida merupakan konsep yang sangat dekat dengan fenomena yang sering ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar fisika pokokbahasan fluida berbasis REACTuntuk siswa SMA Kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang disusun denganmemodifikasi sepuluh langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall yaitu (1) studi pendahuluan yang meliputi studi kepustakaan dan pengamatan lapangan (2) pengembangan yang meliputi penyusunan draft produk validasi produk dan revisi draft produk dan (3) uji coba yang meliputi ujicoba terbatas dan revisi draft akhir. Penelitian ini menggunakan uji kelayakan (validasi) oleh 1 orang dosen Fisika dan 2 orang guru Fisika. Uji coba terbatas dilakukan oleh 7 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket. Jenis data penelitian terdiri dari data kuantitatif berupa penilaian dari validator dan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator. Kelayakan bahan ajar yang dikembangkan didasarkan skala 1-4 dengan 4 adalah angka tertinggidan 1 angka terendah. Berdasarkan analisis data kuantitatif dari validator menggunakan teknik rata-rata diketahui bahan ajar memiliki rata-rata kelayakan sebesar 3 48 yang berarti dalam kriteria layak. Berdasarkan uji coba terbatas didapat hasil analisis rata-rata kelayakan sebesar 3 27.Dengan demikian bahan ajar fisika berbasis REACT pada pokok bahasan fluida untuk siswa SMA kelas XI setelah dilakukan revisi pada beberapa bagian adalah layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18430

Actions (login required)

View Item View Item