Pengembangan modul pembelajaran fisika bersuplemen digital materi gerak lurus untuk siswa SMA kelas X / Ira Mufita Ilmiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran fisika bersuplemen digital materi gerak lurus untuk siswa SMA kelas X / Ira Mufita Ilmiana

Ilmiana, Ira Mufita (2013) Pengembangan modul pembelajaran fisika bersuplemen digital materi gerak lurus untuk siswa SMA kelas X / Ira Mufita Ilmiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci modul pembelajaran fisika suplemen digital gerak lurus siswa SMA kelas X Salah satu komponen yang berperan penting pada keberhasilan belajar peserta didik adalah bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dinilai cukup efektif dalam pembelajaran adalah modul. Sejauh ini modul yang ada memiliki keterbatasan untuk menggambarkan fakta-fakta terkait dengan materi yang dijelaskan pada modul. Untuk memperoleh pemahaman terhadap fakta terkait materi peserta didik perlu mengamatinya secara langsung. Namun jika setiap materi berupa fakta pada modul/bahan ajar ini mensyaratkan harus melakukan pengamatan secara langsung maka hal ini akan membutuhkan dana dan resiko keamanan bagi peserta didik. Selain itu proses pembelajaran juga memiliki keterbatasan waktu. Oleh karena itu penggunakan modul akan lebih efektif lagi dengan adanya suplemen digital. Suplemen digital yang dimaksudkan adalah berupa video berisi fakta-fakta yang mendukung pemahaman konsep dari materi pembelajaran pada modul. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengembangan modul dan mengetahui kelayakan modul setelah divalidasi isi dan ujicoba terbatas Model penelitian dan pengembangan pada penelitian ini diadopsi dari I Wayan Santyasa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pagak. Uji coba produk pengembangan dilakukan melalui dua tahap yaitu Uji Perseorangan dan Uji Kelompok Kecil. Tahap Uji Perseorangan sama dengan tahap validasi isi. Validator adalah 2 dosen fisika UM dan 1 guru fisika SMA Negeri 1 Pagak. Responden Uji Coba Terbatas (Uji Kelompok Kecil) terdiri dari 10 siswa SMA Negeri 1 Pagak yang pernah memperoleh materi gerak lurus. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa nilai rata-rata angka-angka hasil angket uji coba dari para validator. Data kualitatif berupa saran kritik dan tanggapan dari validator dan siswa. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah angket penilaian kompenen-komponen modul. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perhitungan nilai rata-rata dari hasil penilaian modul pada angket. Berdasarkan data analisis data validasi dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan penelitian yaitu komponen-komponen modul pengembangan menunjukkan hasil valid dan layak digunakan peserta didik dengan skor 3 48 dari skor maksimal 4 00. Rincian skor setiap komponen adalah cover/halaman muka (3 55/valid) petunjuk penggunaan modul(3 67/valid) daftar isi (3 67/valid) tujuan pembelajaran (3 67/valid) peta konsep (3 16/cukup valid) kelayakan isi (3 24/cukup valid) penyajian isi (3 33/valid) rangkuman (3 67/valid) soal evaluasi (3 42/valid) kunci jawaban (4 00/valid) daftar pustaka (3 67/valid) komponen kebahasaan (3 3/valid) media digital (2 84/cukup valid).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18424

Actions (login required)

View Item View Item