Studi pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di kelas x-3 SMA Negeri 2 Pamekasan pada mata pelajaran fisika / Khalifatur Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di kelas x-3 SMA Negeri 2 Pamekasan pada mata pelajaran fisika / Khalifatur Rahman

Rahman, Khalifatur (2012) Studi pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di kelas x-3 SMA Negeri 2 Pamekasan pada mata pelajaran fisika / Khalifatur Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci KTSP Pelajaran Fisika. KTSP merupakan kurikulum yang berorientasi muatan lokal (kemampuan siswa dan masyarakat sekitar) sehingga guru diberi kebebasan dalam menentukan indikator pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di sekitarnya sedangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan secara nasional bertujuan untuk menyamakan pencapaian tujuan pendidikan pada tiap-tiap jenjang pendidikan. SMAN 2 Pamekasan merupakan salah satu SMA favorit yang ada di Kabupaten Pamekasan. SMAN 2 Pamekasan merupakan sekolah yang selalu terdepan dalam melakukan pembenahan kurikulum. Informasi yang diperoleh dari observasi awal yang telah dilakukan yaitu pelaksanaan pembelajaran di kelas X-3 yang dilakukan oleh guru subjek penelitian pembelajaran tersebut masih belum memenuhi standar proses BNSP. Dalam penelitian ini peneliti akan mendeskripsikan pelaksanaan KTSP SMAN 2 Pamekasan di kelas X-3 pada mata pelajaran fisika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah penelitan kelas karena pada penelitian ini terfokus pada perencanaan pelaksanaan serta penilaian hasil dan proses pembelajaran yang terjadi di kelas.Sumber data dalam penelitian ini adalah guru siswa dan dokumentasi perangkat pembelajaran. Data dokumentasi perangkat pembelajaran seperti PROTA PROMES silabus dan RPP serta perangkat evaluasi pembelajaran. Selain dokumen sumber data penelitian ini adalah video pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru mata pelajaran fisika kelas X-3 SMA Negeri 2 Pamekasan (informan). Untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalam penelitian ini maka peneliti menggunakan metode sebagai berikut wawancara observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan KTSP di Kelas X-3 SMA Negeri 2 Pamekasan pada Mata Pelajaran Fisika kesesuaian sebesar 78 08% dengan katagori cukup sesuai KTSP sedangkan secara khusus pada perencanaan mencakup perangkat pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran di kelas X-3 SMA Negeri 2 Pamekasan pada Mata Pelajaran Fisika. Perangkat tersebut dikembangkan secara kelompok dalam MGMP dan mandiri oleh guru fisika dengan melakukan prosedur pembuatan PROTA PROMES Silabus dan RPP sesuai ketentuan KTSP sedangkan kesesuaian produk perencanaan pembelajaran dengan KTSP pada PROTA sebesar 83 33% PROMES sebesar 91 66% silabus sebesar 85 88% dan RPP secara keseluruhan sebesar 72 5% sehingga rata-rata kesesuaian perencanaan secara keseluruhan sebesar 83 34% dengan kata gori sesuai KTSP. Pada pelaksanaan pembelajaran di kelas X-3 SMA Negeri 2 Pamekasan pada Mata Pelajaran Fisika secara sudah sesuai ketentuan KTSP dengan prosentase kesesuain sebesar 81 33% kegiatan guru dengan katagori sesuai KTSP dan 77 66% kegiatan siswa dengan katagori cukup sesuai KTSP. Pada penilaian pembelajaran di kelas X-3 SMA Negeri 2 Pamekasan pada Mata Pelajaran Fisika sudah berdasarkan standar isi yaitu melalui ulangan harian dan tugas ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester serta terdapat pengayaan dan remidal sebagai tindak lanjut disetiap penilaian pada akhir pencapaian kompetensi sedangkan kesesuaiannya dengan KTSP sebesar 70%. ii ABSTRACT Rahman Khalifatur. 2012. Study Of Implementation KTSP In Class X-3 SMAN 2 Pamekasan On The Subject Of Physics. Thesis Departement of Physics Education Faculty of Mathematics And Sciences State University of Malang. Supervisors (I) Sugiyanto S. Pd. M. Si. (II) Dra. Endang Purwaningsih M. Si. Keywords KTSP Physics Lesson KTSP is the local content-oriented curriculum (the ability of students and the surrounding community) so that teachers are given the freedom to determine indicators of learning in accordance with students abilities and tailored to the needs of the surrounding community while the standard of competence and basic competences defined nationally aims to equalize achievement educational objectives at each level of education. SMAN 2 Pamekasan is one of your favorite high school on Pamekasan. SMAN 2 Pamekasan is always foremost in schools to reform curriculum. The information obtained from the initial observation that has been made is the implementation of learning in class X-3 were carried out by the subject teacher research the learning is still not appropriate the standards of the BNSP. In this study researchers will describe the implementation of KTSP SMAN 2 Pamekasan in class X-3 on the subjects of physics. The approaching in this study used a qualitative approach with descriptive research design. This type of research used in this research is the research class because this study focused on the planning implementation and assessment of learning outcomes and processes that occur in the classroom. Sources of data in this study were teachers students and learning the software documentation. Data documentation of learning tools such as prota promissory notes syllabi and lesson plans as well as the evaluation of learning. In addition to the document data source research is the implementation of learning videos made subject teachers of physics class X-3 SMA Negeri 2 Pamekasan (informant). To obtain the necessary data in this study the researchers used the following methods interviews observation and documentation. Implementation of KTSP in the X-3 Class SMA Negeri 2 Pamekasan on Subjects of Physics the suitability of 78.08% with a KTSP fairly appropriate categories while specifically on planning includes learning tools used in the learning in X-3 class SMA Negeri 2 Pamekasan on Physics lesson. It was developed as a group in MGMP and independent by physics teacher by making procedures of PROTA PROMES Syllabus and lesson plans in accordance with KTSP whereas learning conformity with KTSP product planning at PROTA by 83.33% PROMES by 91.66% syllabus by 85.88% and the overall of RPP by 72.5% so the average overall planning suitability of 83.34% with a corresponding category KTSP. In the implementation of learning in class X-3 SMA Negeri 2 Pamekasan on Subjects of Physics at the KTSP is in accordance with the percentage of 81.33% compliance with the activities of teachers in accordance KTSP category and 77.66% of its students with sufficient appropriate category KTSP. In the assessment of learning in the class X-3 SMA Negeri 2 Pamekasan on Subjects Physics is based on the content standards through daily tests and assignments UTS and UAS and there is enrichment and remidal as follow-up assessments at the end of each competency achievement whereas compliance with the KTSP by 70%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18422

Actions (login required)

View Item View Item