Peningkatan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika kelas VIII-C SMP Negeri 1 Wagir melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia / Aloysius Rabata NTFT - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika kelas VIII-C SMP Negeri 1 Wagir melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia / Aloysius Rabata NTFT

Rabata, NTFT Aloysius (2012) Peningkatan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika kelas VIII-C SMP Negeri 1 Wagir melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia / Aloysius Rabata NTFT. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model Inkuiri Terbimbing multimedia keterampilan proses prestasi belajar. Keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMPN 1 Wagir masih rendah dan perlu ditingkatkan. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar. Keterampilan proses tersebut meliputi 5 aspek yaitu keterampilan mengamati menafsirkan pengamatan menggunakan alat dan bahan mengajukan pertanyaan merumuskan hipotesis dan berkomunikasi. Prestasi belajar siswa dalam penelitian ini meliputi tiga aspek kemampuan yaitu kemampuan menghafal (C1) kemampuan menafsirkan pengamatan (C2) dan kemampuan menerapkan (C3). Penelitian dilakukan selama dua siklus di kelas VIII-C SMPN 1 Wagir dengan jumlah 34 siswa yang teridiri dari 15 siswa laki- laki dan 19 siswa perempuan dengan materi cahaya. Keterlaksanaan Model Inkuiri Terbimbing diukur dengan menggunakan Lembar Keterlaksanaan Model Inkuiri Terbimbing. Keterampilan proses ditunjukkan oleh skor perilaku dan kemampuan siswa selama melaksanakan percobaan dengan lembar observasi. Prestasi belajar siswa diukur dengan tes pada tiap akhir siklus dan juga perolehan penilaian tugas dan pekerjaan rumah dari tiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses dan prestasi belajar siswa meningkat selama penerapan Model Inkuiri Terbimbing berbantuan multimedia. Keterlaksanaan Model Inkuiri Terbimbing berbantuan multimedia meningkat sebesar 13.92% dari 84.45% pada Siklus I menjadi 96.25% pada Siklus II. Keterampilan proses siswa meningkat sebesar 9.86% dari 74.78% pada Siklus I menjadi 84.64% pada Siklus II. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 35% pada observasi awal menjadi 53% dan 88% pada Siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Model Inkuiri Terbimbing berbantuan multimedia dapat meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMPN 1 Wagir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18420

Actions (login required)

View Item View Item