Pramesti, Yasinta Sindy (2012) Perbedaan kemampuan bertanya dan prestasi belajar model generative learning tugas terbuka dan tugas tertutup bagi mahasiswa fisika Universitas Negeri Malang / Yasinta Sindy Pramesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci model generative learning tugas terbuka tugas tertutup kemampuan bertanya prestasi belajar. Nilai mata kuliah Fisika Dasar mahasiswa fisika rendah. Hal ini terlihat dari hasil pre-test prestasi belajar yang menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa fisika masih kurang. Selain itu data-data nilai Fisika Dasar mahasiswa angkatan sebelumnya juga menunjukkan bahwa prestasi mahasiswa Fisika Dasar rendah. Selain itu berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa sikap dan keterampilan proses mahasiswa rendah. Saat pembelajaran berlangsung mahasiswa hanya diam bahkan terlihat tidak tertarik saat mengikuti perkuliahan. Bahkan ketika dosen berupaya untuk berinteraksi mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa mahasiswa tidak kunjung menjawab secara aktif. Upaya untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan bertanya mahasiswa perlu dilakukan. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran tepat yang dapat memicu kemampuan bertanya sehingga menyebabkan prestasi belajar meningkat. Dalam penelitian ini peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran dengan pemberian tugas terbuka dan tertutup. Selain itu berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan pendekatan terbuka dapat meningkatkan prestasi belajar. Oleh karena itu peneliti mencoba membandingkan 2 model pembelajaran tersebut dan menerapkan kepada mahasiswa Fisika Dasar untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan bertanya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fisika tahun ajaran 2011/2012 Universitas Negeri Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas CC dan MG. Kelas CC terdiri dari 34 mahasiswa sebagai kelas yang belajar dengan model generative learning tugas terbuka sedangkan kelas MG terdiri dari 36 mahasiswa sebagai kelas yang belajar dengan model generative learning tugas tertutup. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar dan kemampuan bertanya yang signifikan antara mahasiswa yang diajar dengan model generative learning tugas terbuka dan model generative learning tugas tertutup. Prestasi belajar dan kemampuan bertanya mahasiswa yang belajar dengan model generative learning tugas terbuka lebih baik dari pada mahasiswa yang belajar dengan menggunakan model generative learning tugas tertutup.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18419 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |