Niswah, Cholishotun (2012) Pengembangan model asesmen formatif mandiri berbantuan komputer untuk meningkatkan penguasaan konsep listrik dinamis siswa kelas X SMA / Cholishotun Niswah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci model asesmen formatif asesmen berbantuan komputer listrik dinamis Asesmen formatif memiliki peranan yang lebih penting dibandingkan dengan asesmen sumatif jika disertai dengan pemberian balikan yang tepat. Namun asesmen formatif yang telah dilaksanakan oleh guru belum mampu memberikan balikan yang tepat dalam waktu singkat kepada setiap siswa. Keterbatasan waktu dan besarnya jumlah siswa dalam kelas menyebabkan guru kesulitan memberikan balikan secara tepat dalam waktu singkat. Hal ini memberi imbas terhadap pembelajaran. Siswa tidak mampu mengenali kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki terhadap suatu materi tertentu sehingga menyebabkan penguasaan konsep siswa juga kurang. Oleh karena itu diperlukan suatu model asesmen formatif yang dapat membantu guru memberikan balikan dalam waktu singkat kepada setiap siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk yaitu model asesmen formatif mandiri berbantuan komputer untuk materi listrik dinamis serta menguji kelayakan model asesmen formatif mandiri tersebut melalui validasi dan uji coba terbatas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan. Langkah-langkah penelitian meliputi studi pendahuluan perancangan draft instrumen pengembangan draft instrumen uji coba terbatas dan revisi produk akhir hasil pengembangan. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk penilaian uji kelayakan berdasarkan validasi dan uji coba terbatas. Kegiatan validasi meliputi validasi isi produk pengembangan dan butir soal pilihan ganda. Validasi dilaksanakan oleh validator dari pihak dosen dan guru. Uji coba terbatas dilaksanakan oleh lima siswa kelas X SMA. Hasil uji kelayakan produk yaitu validasi dan uji coba terbatas berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa penilaian angket oleh validator dan siswa. Data kualitatif berupa komentar dan saran yang diberikan oleh validator dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif produk yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria baik sehingga tidak memerlukan revisi. Produk telah revisi berdasarkan hasil analisis data kualitatif yang meliputi komentar dan saran dari validator dan siswa. Produk yang dihasilkan sudah layak untuk digunakan. Produk memerlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut dan uji coba lebih luas agar dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18417 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |