Pengembangan bahan ajar fisika berbantuan komputer dengan program swishmax 3 pada pokok bahasan listrik dinamis untuk siswa SMA / Adela Yunita Angelina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbantuan komputer dengan program swishmax 3 pada pokok bahasan listrik dinamis untuk siswa SMA / Adela Yunita Angelina

Angelina, Adela Yunita (2012) Pengembangan bahan ajar fisika berbantuan komputer dengan program swishmax 3 pada pokok bahasan listrik dinamis untuk siswa SMA / Adela Yunita Angelina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar listrik dinamis swishmax Listrik Dinamis merupakan salah satu pokok bahasan fisika yang sulit untuk dipelajari oleh siswa karena mengandung konsep yang bersifat abstrak. Suatu alat bantu pembelajaran diperlukan untuk menggambarkan pokok bahasan tersebut dengan jelas dan menunjukkan keadaan yang sebenarnya. Alat bantu pembelajaran tersebut adalah berupa bahan ajar berbantuan komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar Fisika berbantuan komputer pada pokok bahasan Listrik Dinamis dan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar tersebut. Metode penelitian yang digunakan memodifikasi model prosedural pengembangan media yang dikemukakan oleh Setyosari yaitu meliputi identifikasi kebutuhan perumusan tujuan pengembangan materi penulisan alat ukur keberhasilan pengembangan bahan ajar validasi revisi (jika diperlukan) dan produksi. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan media yang berasal dari guru dan dosen. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kepada ahli materi dan ahli media. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator yang dianalisis dengan menggunakan teknik persentase untuk mengetahui kelayakan produk serta data kualitatif berupa kritik dan saran yang diberikan oleh validator. Produk pengembangan bahan ajar ini secara keseluruhan dinilai valid oleh kedua kelompok ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Hasil analisis data menunjukkan bahwa validitas produk dari aspek materi adalah 83 82% dengan kriteria valid (layak) dan dari aspek media adalah 85 29% dengan kriteria valid (layak). Sehingga produk bahan ajar fisika berbantuan komputer dengan program SwishMax 3 pada pokok bahasan listrik dinamis ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18415

Actions (login required)

View Item View Item