pengaruh penerapan paket scaffolding berbasis pembelajaran kooperatif materi listrik dan magnet terhadap sikap ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa jurusan fisika UM / Yogi Ivano - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh penerapan paket scaffolding berbasis pembelajaran kooperatif materi listrik dan magnet terhadap sikap ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa jurusan fisika UM / Yogi Ivano

Ivano, Yogi (2012) pengaruh penerapan paket scaffolding berbasis pembelajaran kooperatif materi listrik dan magnet terhadap sikap ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa jurusan fisika UM / Yogi Ivano. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Paket Scaffolding Berbasis Kooperatif Sikap Ilmiah Prestasi Belajar. Studi pendahuluan oleh Koes H dkk pada tahun 2011 menemukan bahwa dengan strategi pembelajaran langsung yang selama ini digunakan pada perkuliahan Fisika Dasar di Jurusan Fisika UM hasil belajar mahasiswa pendidikan fisika masih sangat rendah dan dikhawatirkan akan tumbuh sikap yang negatif terhadap fisika. Pada tahun 2011 telah dikembangkan Paket Scaffolding Berbasis Kooperatif oleh Koes H dkk yang telah teruji kelayakannya. Penelitian ini bermaksud menguji pengaruh paket tersebut secara empirik terhadap sikap ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa yang menempuh matakuliah fisika dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu dengan desain The Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II Jurusan Fisika UM yang menempuh matakuliah Fisika Dasar II. Sampel pada penelitian ini adalah kelas BB dan CC yang dipilih secara acak kelompok. Kelas CC berjumlah 32 mahasiswa sebagai kelas pembanding dan kelas BB berjumlah 34 mahasiswa sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran menggunakan paket Scaffolding Berbasis Pembelajaran Kooperatif sedangkan kelas pembanding mendapat pembelajaran Langsung. Kedua kelas memperoleh materi yang sama sesuai dengan kurikulum Fisika Dasar II. Instrumen pengumpulan data telah diuji validitas dan reliabilitasnya terhadap 142 responden. Instrumen pretest prestasi berupa soal pilihan ganda sebanyak 22 butir dengan reliabilitas 0 727 posttest prestasi berupa pilihan ganda sebanyak 22 butir dengan reliabilitas 0 729 dan skala sikap ilmiah sebanyak 15 butir dengan reliabilitas 0 698. Berdasarkan uji prasyarat analisis diperoleh bahwa data terdistribusi normal dan homogen. sehingga uji hipotesis dilakukan dengan uji parametrik MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sikap ilmiah mahasiswa yang diajar dengan paket scaffolding berbasis kooperatif lebih tinggi dari mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran langsung (2) prestasi belajar mahasiswa yang diajar dengan paket scaffolding tidak lebih tinggi dari mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian di atas beberapa saran yang dapat disampaikan antara lain (1) paket scaffolding berbasis kooperatif terbukti dapat meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa oleh karena itu paket ini layak dijadikan model pembelajaran utama dalam matakuliah fisika dasar II (2) perlu adanya penelitian serupa di tempat lain agar kesimpulan yang diperoleh dapat berlaku secara umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18414

Actions (login required)

View Item View Item