Pengaruh penerapan paket scaffolding Berbasis kooperatif Materi Gelombang dan optik Terhadap Prestasi Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa jurusan Fisika Universitas Negeri Malang / Andi Dwi Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan paket scaffolding Berbasis kooperatif Materi Gelombang dan optik Terhadap Prestasi Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa jurusan Fisika Universitas Negeri Malang / Andi Dwi Setiawan

Setiawan, Andik Dwi (2012) Pengaruh penerapan paket scaffolding Berbasis kooperatif Materi Gelombang dan optik Terhadap Prestasi Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa jurusan Fisika Universitas Negeri Malang / Andi Dwi Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci paket scaffolding berbasis koopertif prestasi belajar sikap ilmiah. Fisika Dasar di jurusan fisika Universitas Negeri Malang diselenggarakan dengan penyajian materi secara langsung oleh dosen. Saul et al. (2000) menunjukkan bahwa berdasarkan laporan dosen-dosen fisika mahasiswa yang memprogram matakuliah Fisika Dasar dengan penyajian materi secara langsung dan kegiatan laboratorium tradisional mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Beberapa kesulitan tersebut antara lain (1) pemahaman yang lemah terhadap konsep-konsep fisika dasar (2) ketidakmampuan untuk menerapkan hal-hal yang mereka ketahui ke dalam situasi baru ( 3) keyakinan bahwa fisika hanya sekedar kumpulan persamaan dan prosedur (4) keyakinan bahwa fisika tidak memiliki kaitan dengan kehidupan sehari-hari dan (5) kegagalan untuk melihat fisika sebagai proses untuk memahami dunia fisik. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada perbedaan prestasi belajar dan sikap ilmiah antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan paket scaffolding berbasis kooperatif materi gelombang dan optik dan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan eksperimen semu yang digunakan adalah the pretest-posttest nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa fisika semester II jurusan fisika yang sedang menempuh mata kuliah Fisika Dasar II. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri atas dua kelas yaitu kelas M/G sebagai kelas eksperimen yang terdiri atas 36 mahasiswa dan kelas A/A sebagai kelas kontrol yang terdiri atas 25 mahasiswa. Data dianalisis dengan analisis kuantitatif menggunakan uji mancova yang dikenakan pada tes evaluasi (posttest) dengan data kemampuan awal (pretest) sebagai kovarian. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas mahasiswa yang dibelajarkan dengan paket scaffolding berbasis kooperatif materi gelombang dan optik dan kelas mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung (2) terdapat perbedaan sikap ilmiah antara kelas mahasiswa yang dibelajarkan dengan paket scaffolding berbasis kooperatif materi gelombang dan optik dan kelas mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung Berdasarkan hasil penelitian ini untuk mengoptimalkan pembelajaran mata kuliah Fisika Dasar dosen disarankan menerapkan paket scaffolding berbasis kooperatif karena nilai prestasi belajar dan sikap ilmiah kelas yang menggunakan paket scaffolding berbasis kooperatif lebih tinggi dari kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18413

Actions (login required)

View Item View Item