Penggunaan alat peraga IPA untuk meningkatkan prestasi belajar Fisika siswa kelas VIII E SMPN 2 Malang / Asmoin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan alat peraga IPA untuk meningkatkan prestasi belajar Fisika siswa kelas VIII E SMPN 2 Malang / Asmoin

Asmoin (2012) Penggunaan alat peraga IPA untuk meningkatkan prestasi belajar Fisika siswa kelas VIII E SMPN 2 Malang / Asmoin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci penggunaan alat peraga prestasi belajar. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran fisika kelas VIII E SMP Negeri 2 Malang menunjukkan bahwa siswa cenderung pasif ketika proses pembelajaran berlangsung. Nilai rata-rata kelas yang dicapai hanya 65 kurang dari kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru yaitu metode ceramah yang dilengkapi dengan slide melalui LCD. Siswa hanya melihat mendengar dan mencatat pelajaran yang disampaikan guru. Metode ini menyebabkan penilaian yang dilakukan guru hanya pada aspek kognitif saja sedangkan aspek afektif dan aspek psikomotorik belum dapat dilaksanakan. Hal ini menandakan bahwa proses pembelajaran tidak dapat menciptakan pemahaman menangkap konsep fakta prinsip/hukum serta teori. Untuk mengatasi permasalahan ini diterapkan penggunaan alat peraga IPA untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII E SMPN2 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA (fisika) siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Malang yang mencakup aspek kognitif aspek afektif dan aspek psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Malang yang berjumlah 42 siswa. Peningkatan prestasi belajar pada aspek kognitif diperoleh melalui pemberian soal pre-tes untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan pemberian post-tes setelah proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Sedangkan aspek afektif dan aspek psikomotorik diperoleh melalui proses kegiatan praktikum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran melalui penggunaan alat peraga IPA (fisika) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Malang yang ditunjukkan oleh peningkatan pada aspek kognitif dengan meningkatnya gain score dari 0 44 dan 0 45 pada siklus I menjadi 0 50 pada siklus II. Peningkatan gain score pada aspek kognitif termasuk kategori ( sedang) dengan 0 7 61603 ( 61500 g 61502 ) 61619 0 3. Adapun pada aspek afektif dalam kegiatan praktikum meliputi keberanian bertanya/menjawab kerja sama dalam kelompok keaktifan dalam melakukan percobaan ketepatan mengumpulkan laporan dan kerapian setelah melakukan percobaan ditunjukkan oleh peningkatan persentase rerata dari 53 24% pada siklus I menjadi 59 23% pada siklus II. Sedangkan peningkatan aspek psikomotorik yang meliputi ketepatan menggunakan alat sesuai obyek kemampuan mengoperasikan alat ketepatan membaca alat ukur dan ketepatan memasukkan data ditunjukkan oleh peningkatan persentase rerata dari 72 32% pada siklus I menjadi 73 45 % pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18410

Actions (login required)

View Item View Item