Pengaruh penerapan paket scaffolding berbasis kooperatif pada materi listrik magnet terhadap kerja ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa fisika Universitas Negeri Malang / Anisa Seratina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan paket scaffolding berbasis kooperatif pada materi listrik magnet terhadap kerja ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa fisika Universitas Negeri Malang / Anisa Seratina

Seratina, Anisa (2012) Pengaruh penerapan paket scaffolding berbasis kooperatif pada materi listrik magnet terhadap kerja ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa fisika Universitas Negeri Malang / Anisa Seratina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci scaffolding kooperatif kerja ilmiah prestasi belajar. Saul (2000) menyatakan bahwa berdasarkan laporan dosen-dosen fisika banyak mahasiswa yang mengambil matakuliah Fisika Dasar yang diselenggarakan melalui ceramah dan kegiatan laboratorium tradisional mengalami berbagai kesulitan dan memerlukan pendampingan kognitif dalam belajar fisika. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi mahasiswa adalah menggunakan alat bantu (scaffold) yang difungsikan melalui pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh penerapan paket scaffolding berbasis kooperatif terhadap perkuliahan Fisika Dasar di perguruan tinggi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penerapan paket scaffolding berbasis kooperatif pada materi listrik magnet terhadap kerja ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa fisika Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian Quasy Experiment dengan rancangan model the pretest-postest nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah mahasiswa fisika dasar Jurusan Fisika UM tahun akademik 2011/2012. Sampel penelitian berjumlah 66 mahasiswa yang berasal dari dua kelas dengan teknik cluster sampling. Kelompok eksperimen berjumlah 34 dan kelas kontrol berjumlah 32. Dalam penelitian ini digunakan instrumen pengukuran berupa (1) data prestasi belajar diukur dengan tes prestasi belajar fisika dan (2) data kerja ilmiah diukur dengan tes kerja ilmiah. Sebelumnya instrumen pengumpulan data telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Data yang dikumpulkan diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis Anakova pada taraf signifikansi 945 0 050. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kerja ilmiah mahasiswa yang mendapat pembelajaran menggunakan paket Scaffolding berbasis kooperatif pada materi listrik magnet dengan mahasiswa yang mendapat pembelajaran langsung (2) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang mendapat pembelajaran menggunakan paket Scaffolding berbasis kooperatif pada materi listrik magnet dengan mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran langsung. Beberapa saran yang dapat disampaikan antara lain (1) Paket Scaffolding berbasis kooperatif pada materi listrik magnet dapat meningkatkan kerja ilmiah mahasiswa. Oleh karena itu paket ini layak dijadikan sebagai Scaffold dalam perkuliahan Fisika Dasar (2) Penelitian lanjutan dengan pelaksanaan pembelajaran yang lebih maksimal sangat diperlukan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan paket Scaffolding berbasis kooperatif terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18409

Actions (login required)

View Item View Item