Pengembangan bahan ajar fisika pokok bahasan fluida berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk siswa kelas XI SMKN 1 Singosari / Eri Setyo Prabowo

Prabowo, Eri Setyo (2012) Pengembangan bahan ajar fisika pokok bahasan fluida berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk siswa kelas XI SMKN 1 Singosari / Eri Setyo Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Bahan ajar fisika, PBL(Problem-Based Learning), fluida. Kurikulum KTSP menuntut satuan pendidikan untuk mampu menyesuaikan program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. Berdasarkan prinsip-prinsip pelaksanaan KTSP di SMK, perlu memilih model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Model pembelajaran yang sesuai tuntutan kurikulum salah satunya adalah PBL (Problem-Based Learning). Pembelajaran diharapkan dapat membuat siswa menemukan konsep serta prinsip secara menyeluruh, bermakna, dan otentik serta dapat mengembangkan kemampuan problem solving. Bahan ajar memiliki peranan sangat penting dalam menunjang terlaksananya pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dan pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan Bahan Ajar Fisika poko bahasan Fluida berbasis PBL untuk siswa kelas XI SMKN 1 Singosari. Aspek yang menunjukkan PBL (Problem-Based Learning) pada bahan ajar ini terdapat pada bagian Masalah fisika terapan yang merupakan orientasi pada masalah. Lembar kerja siswa yang merupakan petunjuk eksplorasi untuk siswa. Uraian materi yang berisi konsep sebagai jawaban permasalahan. Soal evaluasi dan Aplikasi proyek sederhana sebagai penerapan konsep dalam permasalahan lain yang sejenis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang disusun memodifikasi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall, yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draft produk, (4) uji kelayakan, dan (5) revisi draft produk akhir. Penelitian ini menggunakan uji kelayakan (validasi) oleh 1 orang dosen Fisika dan 2 orang guru Fisika. Sedangkan uji coba terbatas dilakukan oleh 5 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket. Jenis data penelitian terdiri dari data kuantitatif berupa penilaian dari validator dan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator. Kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dapat diketahui berdasarkan skala 1-4, dengan 4 angka tertinggi (layak). Berdasarkan analisis data kuantitatif dari validator menggunakan teknik rata-rata, diketahui bahan ajar memiliki rata-rata kelayakan sebesar 3,40 yang berarti dalam kriteria layak. Berdasarkan uji terbatas, didapat hasil analisis rata-rata sebesar 3,32. Pada bagian Cover, Masalah Fisika Terapan, dan Peta konsep masih memiliki kriteria cukup layak. Produk akhir penelitian ini merupakan Bahan Ajar Fluida pokok bahasan fluida berbasis PBL untuk siswa kelas XI SMKN 1 Singosari. Secara keseluruhan produk akhir yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak. Berdasarkan analisis data kualitatif dari validator, terdapat beberapa bagian produk yang harus direvisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18408

Actions (login required)

View Item View Item