Pengembangan bahan ajar fisika materi learning untuk menunjang pembelajaran fisika SMA kelas XI program SBI/RSBI / Vita Fardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika materi learning untuk menunjang pembelajaran fisika SMA kelas XI program SBI/RSBI / Vita Fardiana

Faridiana, Vita (2012) Pengembangan bahan ajar fisika materi learning untuk menunjang pembelajaran fisika SMA kelas XI program SBI/RSBI / Vita Fardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan ajar generative learning listrik dinamis. Generative learning adalah salah satu model pembelajaran yang sangat menghargai pengetahuan awal yang dimiliki siswa. Model generative learning memberi kesempatan siswa bekerja secara aktif untuk memperoleh pemahaman. Pada proses pembelajaran di SMA RSBI harus menggunakan bahasa Inggris secara otomatis bahan ajar dan student worksheet juga harus disesuaikan. Oleh karena itu bahan ajar memiliki peranan penting dalam pembelajaran fisika di SBI/RSBI. Melalui generative learning diharapkan pembelajaran fisika dapat membuat siswa aktif untuk memperoleh konsep fisika dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar fisika berbasis generative learning untuk menunjang pembelajaran fisika di kelas X program SBI/RSBI pada materi listrik dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian yang dimodifikasi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan yaitu (1) studi pendahuluan yang terdiri dari kajian kurikulum dan survei lapangan (2) perencanaan yang terdiri dari menetapkan bidang kajian yang akan dipadukan mempelajari silabus bidang kajian memetakan indikator pada KTSP dan Cambridge Curriculum dan pengembangan isi pembelajaran (3) pengembangan produk (4) uji kelayakan yang terdiri atas uji validasi dan uji coba terbatas dan (5) revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan uji validasi oleh 2 orang dosen fisika dan 2 orang guru fisika SMA RSBI. Sedangkan uji coba terbatas dilakukan pada 35 siswa kelas X di SMAN 5 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Jenis data penelitian terdiri atas data kuantitatif berupa penilaian dari validator dan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator. Produk akhir penelitian ini adalah bahan ajar fisika berbasis generative learning pada materi listrik dinamis yang terdiri atas bahan ajar untuk siswa dan buku guru dalam mengajar fisika di SBI/RSBI. Secara keseluruhan produk akhir yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak. Berdasarkan analisis data kualitatif dari validator terdapat beberapa bagian produk yang harus direvisi. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan pengembangan bahan ajar fisika berbasis generative learning materi listrik dinamis untuk menunjang pembelajaran fisika SMA kelas X program SBI/RSBI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18407

Actions (login required)

View Item View Item