Efektivitas penggunaan learning cycle 5E terhadap keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Malang / Nur Fitria Anggrianingtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan learning cycle 5E terhadap keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Malang / Nur Fitria Anggrianingtyas

Anggrianingtyas, Nur Fitria (2012) Efektivitas penggunaan learning cycle 5E terhadap keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Malang / Nur Fitria Anggrianingtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Learning Cycle 5E Keterampilan Proses Prestasi Belajar Model pembelajaran Learning Cycle 5E merupakan model pembelajaran efektif yang dapat membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Model Learning Cycle 5E terdiri fase Enggagement Exploration Explanation Elaboratin dan Evaluation. Fisika sebagai IPA sebagai produk dan proses. IPA sebagai proses adalah peran aktif siswa dalam pembelajaran bisa dilakukan dengan eskperimen dapat diukur keterampilan proses.Keterampilan proses siswa terdiri dari mengamati menafsirkan pengamatan menggunakan alat dan bahan menerapkan konsep menentukan alat dan bahan berkomunikasi dan mengajukan pertanyaan. IPA sebagai produk diukur melalui prestasi belajar siswa setelah mengalami proses pembelajaran. Rancangan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan Nonequivalent Control Group model Learning Cycle 5E sebagai variabel bebas sedangkan keterampilan proses dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 2 Malang kelas VIII semester 2 tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan purposive sampling yaitu kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-G sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes pilihan ganda dengan 4 pilihan. Analisis statistik menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses dan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan model Learning Cycle 5E dengan siswa yang menggunakan model konvensional. Nilai rerata tes awal kelas kontrol lebih baik dibandingkan dengan kelas eksperimen sehingga digunakan gain score untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Dari hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung keterampilan proses adalah 3 835 dan nilai t hitung prestasi belajar fisika adalah 6 702.Model pembelajaran Learning Cycle 5E efektif terhadap prestasi belajar fisika yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata gain score sebesar 0 51 pada kelas eksperimen dan 0 21 pada kelas kontrol. Model pembelajaran Learning Cycle 5E efektif terhadap keterampilan proses. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata keterampilan proses sebesar 67 75 pada kelas eksperimen dan 61 88 pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18404

Actions (login required)

View Item View Item