Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap tingkat kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum siswa kelas x di SMK Widya Dharma Turen Malang / Nuriza Ledy Gesy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap tingkat kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum siswa kelas x di SMK Widya Dharma Turen Malang / Nuriza Ledy Gesy

Gesy, Nuriza Ledy (2020) Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap tingkat kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum siswa kelas x di SMK Widya Dharma Turen Malang / Nuriza Ledy Gesy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ledy Nuriza. 2020. Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Tingkat Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMK Widya Dharma Turen Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.SI. Kata Kunci Faktor Internal Faktor Eksternal Kesulitan Belajar Dalam proses belajar tujuan belajar tidak selalu tercapai. Ada kalanya belajar mengalami permasalahan sehingga siswa tidak mencapai tujuan belajar seperti apa yang diinginkan. Kesulitan belajar yang dialami siswa berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Faktor penyebab kesulitan belajar pada dasarnya ada dua macam yaitu faktor internal atau faktor yang berasal dari diri siswa dan faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana deskripsi kondisi faktor internal faktor eksternal dan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP dan kelas X AKL di SMK Widya Dharma Turen Malang. 2) mengetahui pengaruh faktor internal terhadap tingkat kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP dan kelas X AKL. 3) mengetahui pengaruh faktor eksternal berpengaruh terhadap tingkat kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP dan kelas X AKL. 4) mengetahui pengaruh faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh terhadap tingkat kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Umum di kelas X OTKP dan kelas X AKL. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Widya Dharma Turen Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan frekuensi jawaban dari 154 responden siswa yang telah menjawab kuesioner pada variabel faktor internal didapatkan rata-rata 3 41 pada variabel faktor eksternal didapatkan rata-rata 3 22 dan pada variabel kesulitan belajar didapatkan rata-rata 3 36. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kondisi faktor internal faktor eksternal dan kesulitan belajar siswa di SMK Widya Dharma Turen Malang tergolong tinggi. (2) Faktor Internal berpengaruh secara positif signifikan terhadap tingkat kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum. (3) Faktor Eksternal penyebab kesulitan belajar administrasi umum dapat berpengaruh secara positif signifikan terhadap tingkat kesulitan belajar administrasi umum. (4) faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh secara positif signifikan terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184021

Actions (login required)

View Item View Item