Pengembangan modul mata pelajaran korespondensi berbasis guided inquiry pada pokok bahasan tata naskah surat menyurat Bahasa Indonesia untuk SMK Kelas X / Titik Rizky Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul mata pelajaran korespondensi berbasis guided inquiry pada pokok bahasan tata naskah surat menyurat Bahasa Indonesia untuk SMK Kelas X / Titik Rizky Amalia

Amalia, Titik Rizky (2020) Pengembangan modul mata pelajaran korespondensi berbasis guided inquiry pada pokok bahasan tata naskah surat menyurat Bahasa Indonesia untuk SMK Kelas X / Titik Rizky Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia T. R. 2020. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Guided Inquiry Pada Pokok Bahasan Tata Naskah Surat Menyurat Bahasa Indonesia Untuk SMK Kelas X. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata kunci Modul guided inquiry mata pelajaran korespondensi SMK. Penelitian dan pengembangan ini di dasari oleh beberapa hal yaitu (1) belum tercukupinya bahan ajar yang sesuai dengan harapan dari penerapan kurikulum 2013 revisi (2) Siswa kurang mandiri dan sulit dikendalikan pada saat pmbelajaran berlangsung (3) Pembelajaran belum terpusat pada kegiatan siswa. Oleh karena itu peneliti mengembangkan modul berbasis guided inquiry yang mana pembelajaran terpusat pada kegiatan siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan modul Mata Pelajaran Korespondensi berbasis Guided Inquiry pada Pokok Bahasan Tata Naskah Surat Menyurat Bahasa Indonesia untuk siswa SMK kelas X program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (2) Mengetahui kelayakan modul mata pelajaran Korespondensi berbasis Guided Inquiry pada Pokok Bahasan Tata Naskah Surat Menyurat Bahasa Indonesia untuk siswa SMK kelas X melalui uji validitas. Rancangan dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R D) oleh Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti menjadi 6 tahap yaitu 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Penyusunan draft produk 4) Validasi produk 5) Revisi produk 6) Produk akhir. Pada pengembangan produk ini hanya dilakukan sampai tahap validasi ahli materi dan ahli modul saja tidak sampai tahap uji coba lapangan. Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Modul Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Guided Inquiry pada Pokok Bahsan Tata Naskah Surat Menyurat Bahasa Indonesia untuk SMK kelas X semester ganjil program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (2) Pengembangan modul ini hanya sampai tahap validasi produk yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli modul (3) Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli modul yang menguji kelayakan isi penyajian bahasa dan kegrafikan memperoleh rata-rata skor persentase sebesar 93 8 yang menyatakan bahwa modul hasil pengembangan ini sangat valid atau layak untuk diujicobakan di kelas. Saran pengembangan lebih lanjut sebaiknya penelitian selanjutnya mencakup tahap uji coba lapangan agar modul layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184020

Actions (login required)

View Item View Item