Patiran, Annisa Patiran (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum (studi di kelas x otkp smk muhammadiyah 7 gondanglegi malang)) / Annisa Patiran. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Patiran Annisa. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum (Studi Di Kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Imam Bukhori S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Mobile Learning Augmented Reality Administrasi Umum Hasil Belajar. Lembaga Pendidikan dituntut untuk melakukan peningkatan kualitas dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini selaras dengan itu guru sebagai salah satu pemeran penting dalam pendidikan juga dituntut untuk mampu membuat media pembelajaran yang berbasis teknologi. Kondisi pandemik saat ini menyebabkan pembelajaran dilakukan secara daring sehingga semakin dibutuhkan penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian serta minat siswa serta motivasi belajar. Kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran juga mempengaruhi penurunan hasil belajar yang di dapatkan. Melalui wawancara secara tidak terstruktur Guru mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi menyampaikan bahwa pembelajaran yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi masih menggunakan Slide Power Point dengan cara dibagikan kepada siswa melalui Google Classroom saat pembelajaran online. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain Pertama mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dalam materi layout kantor mata pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Kedua mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dalam materi layout kantor mata pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi melalui validasi ahli materi dan media. Ketiga mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran baberbasis Augmented Reality dalam materi layout kantor mata pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dengan siswa yang tidak menggunakan. Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Development oleh Borg amp Gall yang dimodifikasi menjadi delapan langkah-langkah penelitian antara lain 1) potensi dan masalah 2) mengunpulkan informasi 3) desain produk 4) validasi ahli 5) revisi produk 6) uji coba kelompok kecil 7) revisi produk akhir 8) uji coba kelompok besar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Godanglegi. Hasil penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa aplikasi android dengan basis Augmented Reality yang diberi nama AR Office Layout 20. Media pembelajar ini dapat diunduh dan di instal melalui link https //drive.google.com/file/d/1S_gbRnmUwYTFENvnAGG4ZphxlCKRWVvR/view usp sharing Aplikasi media pembelejaran ini dibuat untuk memudahkan peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran secara online. Aplikasi media pembelajaran dilengkapi dengan menu materi beserta contoh gambar dan rujukan panduan pengoperasian camera AR dalam bentuk tulisan dan video tutorial unduh marker camera AR untuk menunjukan macam-macam tata ruang kerja/kantor dengan basis Augmented Reality layout office dan evaluasi terhadap ranah kognitif dan psikomotrik dengan link pengumpulan tugas melalui Google Form dan menu tentang berisi data diri pengembang. Hasil validasi gabungan dari ahli media ahli materi dan pengguna atau siswa menunjukan bahwa media pembelajaran AR Office Layout 20 sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil belajar peserta didik yang menggunakan aplikasi media pembelajaran berbasis Augmented Reality dan yang tidak menggunakan aplikasi menunjukan adanya perbedaan yang signifikan pada kedua ranah baik kognitif maupun psikomotorik. Berdasarkan perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa AR Office Layout 20 sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran pemanfaatan produk ini adalah diharapkan AR Office Layout 20 dapat memudahkan proses pembelajaran peserta didik. Selain itu bagi peneliti lain agar dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang lebih inovatif dengan cakupan kompetensi dasar yang lebih lengkap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/184018 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |