Pengembangan e-module berbasis aplikasi kvisoft flipbook maker pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas x otkp smk pgri turen malang) / Rima Aninditya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis aplikasi kvisoft flipbook maker pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas x otkp smk pgri turen malang) / Rima Aninditya

Aninditya, Rima Aninditya (2020) Pengembangan e-module berbasis aplikasi kvisoft flipbook maker pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas x otkp smk pgri turen malang) / Rima Aninditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aninditya Rima. 2021. Pengembangan E-Module berbasis Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Administrasi Umum untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas X OTKP SMK PGRI Turen). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Imam Bukhori S.Pd. M.Pd. Kata Kunci E-Module Kvisoft Flipbook Maker Administrasi Umum Hasil Belajar Perkembangan teknologi dan informasi sangat berpengaruh pada bidang pendidikan karena dapat membantu kegiatan pembelajaran daring di masa pandemic Covid-19. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam melakukan kegiatan pembelajaran daring agar dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik. Terkait dengan hal tersebut maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran agar kegiatan pembelajaran yang dilakukan lebih bervariatif dan tidak terkesan monoton. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan E-module berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMK PGRI Turen (2) Mengetahui tingkat kelayakan E-module berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Administrasi Umum melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan E-module berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMK PGRI Turen. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan teori Borg amp Gall yang di modifikasi oleh peneliti yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi ahli (5) Revisi produk (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba pemakaian (9) Produksi akhir. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif merupakan data yang diperoleh dari lembar kritik dan saran dari validasi ahli materi ahli media dan peserta didik. Data kuantitatif merupakan data yang diperoleh dari perhitungan skor kuisioner dari validasi ahli materi ahli media dan peserta didik sebagai subjek uji coba. Hasil penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk yaitu E-module bernama ldquo ENIMUM rdquo yang dibuat menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dengan materi KD 3.7 Menerapkan penataan surat/dokumen dan KD 3.8 Memilih peralatan kantor dalam kegiatan administrasi. E-module ini dikemas user friendly karena dilengkapi dengan fitur-fitur yang membantu memudahkan pengguna dalam mengoperasikan E-module. E-module ini juga dilengkapi dengan video pembelajaran dan latiahan soal yang lengkap dengan pelaporan nilainya. Hasil penilaian validasi ahli materi sebesar 100% dan penilaian validasi ahli media sebesar 98% hasil perhitungan keseluruhan validasi ahli diperoleh rata-rata sebesar 99% dengan kategori sangat valid sedangkan untuk uji coba produk pada kelas kecil diperoleh sebesar 96% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis data hasil belajar peserta didik berdasarkan paired sample t-test diperoleh hasil sig. 0 000 lt 0 005 yang berarti terdapat peningkatan signifikan sesudah menggunakan E-module serta hasil N-gain hasil belajar peserta didik 0 4 yang termasuk selisih peningkatan dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-module layak digunakan sebagai media pembelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP dan terdapat perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan E-module. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah dapat meminimalisir ukuran file aplikasi agar tidak memakan ruang peyimpanan yang banyak dan dapat mengembangkan media pembelajaran dengan kompetensi dasar yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184017

Actions (login required)

View Item View Item