Peningkatan literasi sains, keterampilan komunikasi tertulis, dan hasil belajar kognitif siswa dalam penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing / Nanda Choirun Nisa Zahrotul Mufida - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan literasi sains, keterampilan komunikasi tertulis, dan hasil belajar kognitif siswa dalam penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing / Nanda Choirun Nisa Zahrotul Mufida

Mufida, Nanda Choirun Nisa Zahrotul (2020) Peningkatan literasi sains, keterampilan komunikasi tertulis, dan hasil belajar kognitif siswa dalam penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing / Nanda Choirun Nisa Zahrotul Mufida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran abad 21 menjadi tantangan pendidikan pada proses pembelajaran saat ini. Siswa tidak hanya dituntut memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan pembelajaran namun juga harus memiliki keterampilan dan kompetensi yang diperlukan pada abad 21. Keterampilan yang harus dimiliki siswa salah satunya keterampilan komunikasi tertulis dan literasi sains.Hasil tes pendahuluan di kelas XI MIA 3 SMA Laboratorium UM menunjukkan terdapat 19 siswa yang memiliki literasi sains rendah dan 17 siswa memiliki keterampilan komunikasi tertulis yang rendah.Persentase ketuntasan klasikal siswa hanya mencapai 47% dari 34 siswa hanya 16 siswa yang mencapai nilai diatas KKM.Model pembelajaran inkuiri adalah salah satu pembelajaran aktif efektif dan efisien dalam kegiatan penyelidikan. Sasaran yang ingin dicapai dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri tidak hanya penguasaan konsep namun proses dalam mencapai penguasaan konsep dan keterampilan sebagai bekal siswa dalam menghadapi kehidupan.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan komunikasi tertulis literasi sains dan hasil belajar kognitif dalam penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Selain itu juga untuk mengetahui adakah hubungan antara literasi sains dan keterampilan komunikasi tertulis dengan hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMA Laboratorium UM. Penelitian ini tergolong penelitian PTK yang dilengkapi dengan siklus Lesson study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Laboratorium UM di Malang. Sampel yang digunakan yakni kelas XI MIPA 3 dengan 34 siswa. Metode anlisis yang digunakan secara deskriptif dan diteruskan dengan analisis korelasi ganda. Data penelitian tentang keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran sedangkan data penelitian tentang literasi sians keterampilan komunikasi tertulis dan hasil belajar kognitif didapat melalui hasil tes essai (pretest dan posttest) dilakukan di awal dan di akhir setiap siklus yang dianalisis dengan menggunakan rubrik penskoran yang memuat indikator masing-masing keterampilan. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan persentase keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing oleh guru dan siswa dari siklus I ke siklus II serta terdapat peningkatan pada literasi sains keterampilan komunikasi tertulis dan hasil belajar kognitif setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Literasi sains mengalami peningkatan berdasarkan nilai n-gain pada siklus I sebesar 0.57 dan pada siklus II sebesar 0.71 hal ini disebabkan karena adanya keselarasan antara sintaks inkuiri terbimbing dengan indikator literasi sain. Model pembelajaran inkuiri terbimbing juga dapat mengembangkan indikator keterampilan komunikasi tertulis hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan berdasarkan nilai n-gain pada siklus I sebesar 0.59 dan pada siklus II sebesar 0.72. Penerapan model inkuiri terbimbing dapat memberikan hasil belajar yang efektif dimana belajar dengan menggunakan model inkuiri terbimbing membuat siswa memiliki pengalaman belajar yang lebih baik dan daya ingat yang lebih kuat dalam pemahaman konsep. Hasil Belajar Kognitif siswa juga mengalami peningkatan berdasarkan nilai n-gain pada siklus I sebesar 0.54 dan pada siklus II sebesar 0.72 peningkatan hasil belajar kognitif ini dipengaruhi oleh model pembelajaran inkuiri terbimbing yang memberikan siswa kesempatan untuk memperoleh pengalaman dalam menemukan konsep sendiri sehingga siswa akan menjadi lebih mudah mengingat dan memahami konsep yang telah siswa temukan. Terdapat hubungan antara litersi sains dan keterampilan komunikasi tertulis dengan hasil belajar kognitif. Literasi sains memberikan sumbangan terhadap hasil belajar kognitif sebesar 42.9% sedangkan keterampilan komunikasi tertulis memberikan sumbangan terhadap hasil belajar kognitif sebesar 15.9%.Terkait dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan literasi sains keterampilan komunikasi tertulis dan hasil belajar kognitif siswa . Saran dari peneliti guru perlu memberdayakan literasi sains dan keterampilan komunikasi tertulis dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing agar hasil belajar kognitif siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184014

Actions (login required)

View Item View Item