Penerapan model pembelajaran think pair share (tps) dipadu dengan mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem respirasi dan ekskresi kelas XI SMA Negeri 1 Srengat. / Yulia Dewi Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran think pair  share (tps) dipadu dengan mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem respirasi dan ekskresi kelas XI SMA Negeri 1 Srengat. / Yulia Dewi Saputri

Saputri, Yulia Dewi (2020) Penerapan model pembelajaran think pair  share (tps) dipadu dengan mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem respirasi dan ekskresi kelas XI SMA Negeri 1 Srengat. / Yulia Dewi Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan abad 21 ditandai perubahan mendasar dalam segala bidang kehidupan salah satunya adalah Bidang Pendidikan. Terdapat keterampilan khusus yang diperlukan pada abad 21 salah satunya adalah kreativitas keterampilan tersebut bertujuan untuk mengimbangi perkembangan abad 21 yang begitu pesat. Hasil wawancara yang telah dilakukan pada tanggal 20 September 2019 di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Srengat menunjukkan bahwa kreativitas pada siswa sangat penting untuk ditingkatkan. Kreativitas di kelas tersebut belum cukup baik terdapat indikator kreativitas yang belum tercapai secara maksimal. Sedangkan berdasarkan hasil observasi pada tanggal 15 November 2019 yang telah dilakukan di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Srengat pada materi sistem pencernaan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah sehingga membuat hasil belajar siswa kurang dan siswa tidak dapat mengembangkan kreativitasnya. Pembelajaran berpusat pada siswa terlihat dari mayoritas siswa terlihat pasif dalam pembelajaran. Persentase ketuntasan klasikal pada Kompetensi Dasar (KD) sebelumnya yaitu Sistem Pencernaan sebesar 65%. Sebanyak 56% siswa yang belum tuntas melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) (76) dan sebanyak 44% siswa tuntas dengan nilai melebihi KKM. Berdasarkan permasalahan yang telah ditemukan peneliti saat wawancara dan observasi maka dilaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dipadu dengan Mind Mapping hal ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 1 Srengat pada materi Sistem Respirasi dan Sistem Ekskresi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tertulis dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi kreativitas dan soal pretest serta postest. Analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dipadu dengan Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Srengat. Peningkatan kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 11 92% kreativitas siswa pada siklus I sebesar 66 26% sedangkan pada sikus II sebesar 78 18%. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17 64% hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 79 41% sedangkan pada siklus II sebesar 97 05%. Keberhasilan tindakan berdasarkan N-Gain sebesar 0 29 pada siklus I sebesar 0 39 sedangkan pada siklus II sebesar 0 68. Setelah peneliti melaksanakan penelitian adapun saran yang dapat disampaikan yaitu guru perlu menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dipadu dengan Mind Mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184012

Actions (login required)

View Item View Item