Pengaruh model pembelajaran ricosre secara online terhadap keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif biologi pada materi virus dan bakteri siswa kelas x di sman 3 malang / Prianka Delvina Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran ricosre secara online terhadap keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif biologi pada materi virus dan bakteri siswa kelas x di sman 3 malang / Prianka Delvina Putri

Putri, Prianka Delvina Putri (2021) Pengaruh model pembelajaran ricosre secara online terhadap keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif biologi pada materi virus dan bakteri siswa kelas x di sman 3 malang / Prianka Delvina Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu keterampilan esensial yang harus dimiliki oleh siswa pada abad 21 ini adalah keterampilan pemecahan masalah. Keterampilan pemecahan masalah dapat ditingkatkan dengan menerapkan pembelajaran berbasis pemecahan masalah yaitu RICOSRE. Langkah-langkah dalam model pembelajaran RICOSRE meliputi kegiatan (1) Reading (2) Identifying the Problem (3) Constructing the Solution (4) Solving the Problem (5) Reviewing the Problem Solving dan (6) Extending the Problem Solving. Sejak pandemi COVID-19 terjadi kegiatan pembelajaran di Indonesia dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE secara online terhadap keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif Biologi pada materi Virus dan Bakteri siswa kelas X di SMA Negeri 3 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian Pre-test Post-test Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 70 siswa yang berasal dua kelas yaitu 36 siswa kelas X MIPA E1 dan 34 siswa kelas X MIPA G1. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen perangkat pembelajaran dan instrumen tes. Keterampilan pemecahan masalah siswa diukur menggunakan tes uraian dalam pre-test dan post-test dengan rubrik yang diadaptasi dari rubrik keterampilan pemecahan masalah oleh University of Southern Maine dan Greenstein. Hasil belajar kognitif siswa diukur menggunakan tes uraian dalam pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran RICOSRE mengalami persentase peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif yang lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional baik pada materi Virus maupun Bakteri. Siswa yang diajar dengan model pembelajaran RICOSRE mengalami peningkatan skor keterampilan pemecahan masalah pada materi Virus sebesar 141 11% dan pada materi Bakteri sebesar 125 46% serta peningkatan hasil belajar kognitif pada materi Virus sebesar 51 95% dan pada materi Bakteri sebesar 43 20%. Sementara itu siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional hanya mengalami peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada materi Virus sebesar 81 26% dan materi Bakteri sebesar 71 44% serta hasil belajar kognitif pada materi Virus sebesar 17 22% dan materi Bakteri sebesar 19 03%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran RICOSRE yang diterapkan secara online dan konsisten terbukti berpotensi untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif Biologi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184008

Actions (login required)

View Item View Item