Pengembangan e-ukbm biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem respirasi dan sistem ekskresi untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa SMAN 8 Malang / Istaufi As'adatillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-ukbm biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem respirasi dan sistem ekskresi untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa SMAN 8 Malang / Istaufi As'adatillah

As'adatillah, Istaufi (2020) Pengembangan e-ukbm biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem respirasi dan sistem ekskresi untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa SMAN 8 Malang / Istaufi As'adatillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan belajar dan inovasi yang meliputi kemampuan untuk mencari informasi memilih informasi mengevaluasi informasi mengorganisir informasi mempertimbangkan berbagai alternatif dan menafsirkan informasi yang diperoleh. Keterampilan pemecahan masalah penting dikembangkan dalam pembelajaran Biologi agar siswa memililiki kemampuan mengatasi permasalahan dalam kehidupan namun siswa di Indonesia memiliki keterampilan pemecahan masalah yang masih rendah. Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru biologi SMAN 8 Malang tanggal 11 Maret 2019 menunjukkan bahwa umumnya siswa di SMAN 8 masih belum mampu untuk menemukan pemecahan masalah dari suatu persoalan yang diberikan oleh guru. Selain keterampilan pemecahan masalah hasil belajar juga pentig dikembangkan selama proses pembelajarah. Hasil belajar meliputi tiga ranah yaitu afektif psikomotorik dan kognitif. Upaya untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar dapat dilakukan dengan menggunakan bahan ajar yang dapat memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. E-UKBM yang disusun berdasarkan langkah-langkah model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. E-UKBM juga dapat memfasilitasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-UKBM berbasis inkuiri terbimbing yang valid efektif dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) menganalisis (2) mendesain produk (3) mengembangkan produk (4) menerapkan (5) mengevaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 8 Malang. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 6 SMAN 8 Malang. Teknis analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket validasi dari validator ahli materi media dan praktisi lapangan. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran dari validator dan siswa. Hasil penelitian berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi ahli media dan praktisi lapangan menunjukkan produk yang dikembangkan termasuk kategori sangat valid dan dapat digunakan setelah melakukan revisi. Hasil uji kepraktisan menunjukkan produk E-UKBM sangat praktis. Hasil uji keefektifan menunjukkan produk E-UKBM efektif meningkatan keterampilan pemecahan masalah dan juga hasil belajar siswa. Berdasarkan uji keefektifan pada siklus 1 keterampilan masalah siswa mengalami peningkatan sebesar 55% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 62%. Hasil Belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 60% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 68%. Saran dari hasil penelitian pengembangan ini yaitu penambahan sumber-sumber belajar lain yang dapat diakses oleh siswa melalui E-UKBM. Mensosialisasikan produk E-UKBM melalui seminar maupun artikel jurnal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184006

Actions (login required)

View Item View Item