Pengembangan multimedia interaktif mobile learning berbasis discovery learning pada materi jamur untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Singosari / Lailatul Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif mobile learning berbasis discovery learning pada materi jamur untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Singosari / Lailatul Safitri

Safitri, Lailatul (2020) Pengembangan multimedia interaktif mobile learning berbasis discovery learning pada materi jamur untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Singosari / Lailatul Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran abad 21 menekankan pada pemecahan masalah yang kontekstual di masyarakat proses pemecahan masalah tersebut menuntut siswa untuk berpikir kritis. Tingkat keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia masih pada kategori rendah. Hal ini ditunjukkan dengan penilaian PISA yang diselenggarakan oleh OECD Indonesia berada pada peringkat 62 dari 70 negara yang mengikuti (OECD 2016). Hal tersebut diakibatkan dari kurangnya pengalaman siswa dalam menggunakan konsep sains untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan berpikir kritis (KBK) menurut Greenstein (2012) memiliki 4 indikator yaitu berpikir kritis menganalisis data memanfaatkan data untuk membangun pengetahuan kritis dan mensintesis informasi dari berbagai pendapat. Berdasarkan hasil interviu dan observasi selama KPL (Kajian Praktik Lapangan) pada guru biologi di SMA Negeri 1 Singosari diketahui keterampilan berpikir kritis siswa tergolong rendah berdasarkan indikator KBK menurut Greenstein (2012). Berdasarkan observasi diketahui pula guru kesulitan dalam menyampaikan materi jamur dengan pendekatan kontekstual. Usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut maka pada materi jamur diperlukan media dengan pendekatan kontekstual yang dapat memudahkan siswa dalam mencapai kompetensi maupun melatih KBK yaitu dengan menggunakan multimedia interaktif. Pengembangan multimedia interaktif memiliki dampak positif terhadap motivasi belajar siswa (Sanusi et al 2015). Penerapan model pembelajaran yang inovatif juga diperlukan untuk memaksimalkan dan mengefektifkan penggunaan multimedia interaktif dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Model discovery learning merupakan model yang membebaskan siswa untuk menemukan konsep secara mandiri sehingga siswa mendapatkan suatu pengalaman dan membantu siswa mengungkapkan ide mereka. Pada model discovery learning terdapat langkah-langkah terencana yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu Analyze (analisis) Design (desain) Develop (pengembangan) Implement (implementasi) dan Evaluate (evaluasi) (Branch 2009). Multimedia didesain menggunakan aplikasi Canva dan dikembangkan dengan aplikasi Unity3D. Kevalidan multimedia berdasarkan penilaian dari 5 validator yaitu ahli materi ahli media ahli asesmen ahli perangkat pembelajaran dan praktisi lapangan. Siswa sebagai penentu dari kepraktisan multimedia dan keefektifan melalui pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan gain score. Hasil uji validasi materi media asesmen perangkat pembelajaran dan praktisi lapangan berturut-turut memperoleh persentase rata-rata yaitu 100% 93 75% 100% 96 6% dan 89 48%. Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa materi dalam media sangat valid dan sesuai dengan tuntutan KD media telah valid untuk digunakan asesmen telah sesuai dengan indikator kompetensi dan mampu untuk digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siwa serta perangkat pembelajaran layak untuk diterapkan. Kepraktisan menurut siswa memperoleh rata-rata 85 53%. Hal ini menunjukkan multimedia sangat praktis untuk digunakan pada materi jamur. Keefektifan multimedia termasuk kriteria tinggi dengan gain-score 0 725. Hal ini menunju kkan bahwa media efektif digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Riani et al (2013) bahwa penerapan multimedia interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi biologi. Kinasih et al (2015) melalui penelitiannya menujukkan bahwa pembelajan model discovery learning dapat melatih keterampilan berpikir kritis dibandingkan dengan metode diskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184005

Actions (login required)

View Item View Item