Penerapan model react dengan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Wagir / Umi Nuraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model react dengan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Wagir / Umi Nuraini

Nuraini, Umi (2012) Penerapan model react dengan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Wagir / Umi Nuraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model REACT metode eksperimen keterampilan proses prestasi belajar. Keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMPN 1 Wagir rendah dan perlu ditingkatkan. Peningkatan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa dapat dilakukan dengan menerapkan Model REACT dengan metode eksperimen. Keterampilan proses tersebut meliputi 5 aspek yaitu keterampilan mengamati menafsirkan pengamatan menggunakan alat dan bahan mengajukan pertanyaan dan mengkomunikasikan. Prestasi belajar siswa dalam penelitian ini meliputi tiga aspek kemampuan yaitu kemampuan menghafal (C1) kemampuan menafsirkan pengamatan (C2) dan kemampuan menerapkan (C3). Penelitian ini menggunakan desain penelitian kelas dari Kemmis Mc Taggart dengan tahapan identifikasi masalah perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan selama dua siklus di kelas VIII-B SMPN 1 Wagir yang terdiri dari 34 orang siswa pada semester genap dengan materi cahaya. Keterlaksanaan Model REACT diukur dengan menggunakan Lembar Keterlaksanaan Model REACT. Keterampilan proses ditunjukkan oleh skor perilaku dan kemampuan siswa selama melaksanakan percobaan. Prestasi belajar siswa diukur dengan tes pada tiap akhir siklus dan juga perolehan penilaian tugas dan pekerjaan rumah dari tiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses dan prestasi belajar siswa meningkat setelah menerapkan Model REACT dengan metode eksperimen. Kenaikan dari keterlaksanaan Model REACT dengan metode eksperimen sebesar 27 03% dari 65 83% pada Siklus I menjadi 92.86% pada Siklus II. Keterampilan proses siswa meningkat sebesar 11.49% dari 71.56% pada Siklus I menjadi 83.05% pada Siklus II. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 23.52% pada observasi awal menjadi 58.82% dan 85.29% pada Siklus I dan Siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Model REACT dengan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMPN 1 Wagir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18400

Actions (login required)

View Item View Item