Pengembangan virtual praktikum IPA berbasis inquiry terbimbing kelas VII semester II di SMPN 1 Suruh Kab. Trenggalek / Dwi Hertanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan virtual praktikum IPA berbasis inquiry terbimbing kelas VII semester II di SMPN 1 Suruh Kab. Trenggalek / Dwi Hertanti

Hertanti, Dwi (2011) Pengembangan virtual praktikum IPA berbasis inquiry terbimbing kelas VII semester II di SMPN 1 Suruh Kab. Trenggalek / Dwi Hertanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Virtual praktikum Inquiry Terbimbing Ilmu Pengetahuan Alam Virtual Praktikum merupakan kegiatan praktikum yang dilakukan seperti sesungguhnya. Virtual Praktikum dilakukan di komputer bukan di laboratorium yang sebenarnya. Virtual Praktikum ini merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam penggunaannya praktikum yang tersaji dalam media ini berbasis inquiry terbimbing. Praktikum berbasis inquiry terbimbing merupakan kegiatan praktikum yang diarahkan untuk memperoleh pengetahuan yang berhubungan dengan percobaan. Praktikum ini memerlukan bimbingan selangkah demi selangkah.serta bantuan untuk mengembangkan pengetahuan baru. Pada pengembangan ini penulis mengambil subyek penelitian kelas VII dan mengambil salah satu kelas yaitu kelas VIIE. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal di SMPN 1 Suruh proses pembelajaran masih dilakukan secara konvensional. Laboratorium IPA juga belum berfungsi secara optimal sehingga siswa tidak pernah melakukan kegiatan praktikum. Oleh karena itu perlu adanya penyediaan kegiatan praktikum yang berupa virtual praktikum IPA yang didesain dalam bentuk CD Interaktif. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa virtual praktikum IPA berbasis inquiry terbimbing untuk SMP kelas VII semester II sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini adalah siswa SMPN 1 Suruh Kabupaten Trenggalek kelas VII semester II. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari validasi ahli media ahli materi dan audiens/ siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Terdapat petunjuk guru dan siswa. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa virtual praktikum IPA yang dikemas dalam bentuk CD interaktif kelas VII Semester II . Media tersebut divalidasikan pada ahli media ahli materi dan audiens/ siswa. Hasil validasi tersebut adalah 1) Ahli media didapatkan skor persentase sebesar 88 75% berdasarkan pada kriteria kelayakan virtual praktikum IPA ini dikatakan valid 2) Ahli materi didapatkan skor presentase 80 % berdasarkan pada kriteria kelayakan virtual praktikum IPA ini dikatakan valid 3) Uji Coba perseorangan didapatkan skor persentase sebesar 85% berdasarkan pada kriteria kelayakan virtual praktikum IPA ini dikatakan valid 4) Uji Coba kelompok kecil didapatkan skor persentase sebesar 82 5% berdasarkan pada kriteria kelayakan virtual praktikum IPA ini dikatakan valid 5) Uji Coba lapangan didapatkan skor persentase sebesar 82 5% berdasarkan pada kriteria kelayakan virtual praktikum IPA ini dikatakan valid 6) Data hasil pre-test dan post-test perseorangan terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata dengan nilai 16 6 dengan peningkatan nilai terendah 0 dan tertinggi 40. Data hasil pre-test dan post-test kelompok kecil terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata dengan nilai 8 dengan peningkatan nilai terendah 0 dan tertinggi 20. Data hasil pre-test dan post-test lapangan terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata dengan nilai 10 dengan peningkatan nilai terendah 0 dan tertinggi 40. Dengan demikian menurut kriteria kelayakan virtual praktikum IPA yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran Kesimpulan dari pengembangan ini adalah virtual praktikum IPA yang dikembangkan termasuk valid digunakan sebagai media pembelajaran. Saran pengembangan ini adalah 1) Bagi Kepala Sekolah dengan adanya virtual praktikum IPA ini diharapkan dijadikan masukan untuk lebih mengoptimalkan sarana dan prasarana laboratorium IPA untuk menunjang proses pembelajaran IPA 2) Bagi Guru diharapkan mampu menguasai teknik pembuatan sehingga guru mampu untuk memproduksi sendiri virtual praktikum IPA tersebut 3) Bagi siswa siswa harus mempunyai keterampilan dasar dalam pengoperasian komputer dan beberapa kemampuan dan keterampilan lainnya untuk mendukung penggunaan media virtual praktikum IPA ini 4) Bagi pengembang selanjutnya virtual Praktikum IPA ini hendaknya dikembangkan lebih baik lagi tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Dalam Pengembangan virtual praktikum IPA perlu ada perbaikan dalam hal petunjuk untuk user lebih diperjelas dan belum ada profil pembuat program tetapi secara keseluruhan visualnya sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item