Penerapan learning cycle 5E untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-A MTs Ibnu Hajar Bulupitu Gondanglegi Malang / Vikka Dewi Nurjayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan learning cycle 5E untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-A MTs Ibnu Hajar Bulupitu Gondanglegi Malang / Vikka Dewi Nurjayanti

Nurjayanti, Vikka Dewi (2012) Penerapan learning cycle 5E untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-A MTs Ibnu Hajar Bulupitu Gondanglegi Malang / Vikka Dewi Nurjayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Learning Cycle 5E Hasil Belajar Hasil observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa kelas VIII-A MTs. Ibnu hajar Bulupitu Gondanglegi Malang masih rendah. Hal ini terlihat dari data awal hasil belajar fisika siswa yang nilai rata-ratanya hanya sebesar 64 8 dengan ketuntasan belajar siswa dari 22 siswa hanya 4 siswa atau sebesar 18 2 % sedangkan KKM yang ditentukan di MTs. Ibnu Hajar ini adalah sebesar 75. Permasalahan ini dikarenan kondisi siswa di kelas ramai dan tidak menghiraukan materi yang diterangkan guru kesiapan siswa dalam belajar sangat minim dilihat dari pasifnya mereka saat tanya jawab yang dilakukan oleh guru. Di MTs. Ibnu Hajar ini sudah terdapat laboratorium IPA dan mempunyai alat-alat praktikum yang lengkap tetapi belum pernah dilakukan praktikum dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa di kelas VIII-A MTs. Ibnu Hajar ini adalah melalui model pem-belajaran Learning Cycle 5E. Learning Cycle 5E merupakan model pembelajaran kontruktivis yang mempunyai 5 fase yaitu engagement (pendahuluan) exploration (eksplorasi) explanation (eksplanasi) elaboration (elaborasi) dan evaluation (evaluasi). Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk me-ngetahui keterlaksanaan Learning Cycle 5E dan yang kedua untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-A MTs. Ibnu Hajar. Keter-laksanaan Learning Cycle 5E diukur dengan menggunakan lembar observasi keterlaksaan pembelajaran sedangkan hasil belajar fisika siswa diukur dengan menggunakan rubrik penilaian yang telah ditentukan bersama guru pengajar. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran Learning Cycle 5E pada siklus I sebesar 86 4% dan siklus II sebesar 90 9% ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran Learning Cycle 5E dapat dikatakan sudah baik. Hasil belajar fisika siswa setelah diberikan tindakan siklus I diperoleh persentase rata-rata pada ranah kognitif produk sebesar 73% persentase rata-rata pada ranah kognitif proses sebesar 89% persentase rata-ratapada ranah psikomotorik sebesar 82% dan persentase rata-rata nilai ranah afektif sebesar 89%. Hasil belajar fisika siswa setelah diberikan tes siklus II pada ranah kognitif produk diperoleh persentase rata-rata 87% pada ranah kognitif proses diperoleh persentase sebesar 90% persentase ranah psikomotorik sebesar 83% dan persentase ranah afektif sebesar 92%. Persentase ini sudah di atas standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) oleh sekolah yaitu 75%. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-A MTs. Ibnu Hajar Bulupitu Gondanglegi Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18397

Actions (login required)

View Item View Item