Pengaruh pembelajaran model learning cycle 5 fase terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Astrina Dewi Kunia Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran model learning cycle 5 fase terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Astrina Dewi Kunia Wati

Wati, Astrina Dewi Kunia (2012) Pengaruh pembelajaran model learning cycle 5 fase terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Astrina Dewi Kunia Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Learning cycle 5 fase kemampuan berpikir kritis prestasi belajar Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara terhadap guru mata pelajaran fisika di SMP Negeri 2 Malang kelas VIII diketahui bahwa guru lebih sering menggunakan metode demonstrasi ilustrasi animasi dan kadang kadang praktikum. Pembelajaran tersebut harus diubah menjadi pendekatan konstruktivistik yang menekankan pada siswa menemukan konsepnya secara mandiri. Salah satu alternatif agar siswa dapat menemukan konsepnya secara mandiri adalah penggunaan model pembelajaran learning cycle 5 fase. Pembelajaran model learning cycle 5 fase diawali dengan guru memberikan pertanyaan kepada siswa agar siswa memberikan jawaban sesuai dengan pengetahuan awal yang dimilikinya. Selanjutnya guru memberikan permasalahan untuk diselesaikankan oleh siswa melalui eksperimen dan diskusi kelompok. Setelah melakukan eksperimen siswa akan memperoleh konsep berdasarkan apa yang ditemukannya selama eksperimen dilakukan. Kemudian guru memberikan pertanyaan kepada siswa agar siswa mampu menerapkan konsep yang diperoleh dalam situasi baru. Fase - fase pada pembelajaran model learning cycle 5 fase tersebut menuntut siswa untuk mengeksplorasi kemampuan berpikir kritis yang mencakup 5 variabel yaitu memfokuskan memperoleh informasi mengingat menganalisis dan mengevaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran model learning cycle 5 fase terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang sering digunakan di SMP Negeri 2 Malang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Malang semester genap tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Malang kelas VIII tahun ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang diperlakukan dengan pembelajaran konvensional dan siswa kelas VIII D yang diperlakukan dengan pembelajaran model learning cycle 5 fase. Siswa kelas VIII A terdiri atas 37 orang sedangkan siswa kelas VIII D terdiri dari 41 orang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Data kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa yang diperoleh dari hasil pre test dan post test dianalisis statistik dengan menggunakan uji parametris yaitu ujit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh pembelajaran learning cycle 5 fase terhadap kemampuan berpikir kritis kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5 fase lebih tinggi 7 13% dibanding dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional (2) ada pengaruh pembelajaran learning cycle 5 fase terhadap kemampuan prestasi belajar siswa prestasi belajar siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5 fase lebih tinggi 7 36% dibanding dengan siswa yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Selain mempunyai keefektifan model pembelajaran learning cycle 5 fase juga mempunyai kekurangan yaitu waktu yang dibutuhkan dalam pembelajaran lebih banyak akan tetapi dengan pengorganisasian waktu dan pemilihan materi yang baik diharapkan segala masalah dapat teratasi. Berdasarkan uraian di atas pembelajaran model learning cycle 5 fase disarankan dapat diterapkan di sekolah-sekolah sebagai alternatif dalam pembelajaran Fisika karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18394

Actions (login required)

View Item View Item