Pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan keterampilan proses IPA dan berpikir kreatif siswa kelas VIII-G SMP Negeri 13 Malang / Tika Vebrian Tiara Devi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan keterampilan proses IPA dan berpikir kreatif siswa kelas VIII-G SMP Negeri 13 Malang / Tika Vebrian Tiara Devi

Devi, Tika Vebrian Tiara (2012) Pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan keterampilan proses IPA dan berpikir kreatif siswa kelas VIII-G SMP Negeri 13 Malang / Tika Vebrian Tiara Devi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran creative problem solving keterampilan proses IPA berpikir kreatif. Keterampilan proses IPA dan berpikir kreatif siswa kelas VIII G SMP Negeri 13 Malang masih rendah dan perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini menerapkan pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan keterampilan proses IPA dan berpikir kreatif siswa di kelas VIII- G SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dari Kemmis Mc Taggart dengan tahapan perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan selama dua siklus dengan materi cahaya. Keterampilan proses IPA siswa diukur dengan lembar observasi saat kegiatan praktikum. Skor keterampilan proses IPA siswa juga diperoleh dari nilai Lembar Kerja Siswa (LKS). Keterampilan berpikir kreatif siswa diukur melalui tes tertulis setiap akhir siklus. Analisis dalam penelitian ini bersifat kualitatif (berupa kata atau kalimat) digunakan untuk mendeskripsikan data secara lengkap. Analisis kuantitatif digunakan sebagai data pendukung yang ditampilkan dalam bentuk angka. Data disajikan dalam bentuk uraian singkat tabel dan grafik. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses IPA dan berpikir kreatif siswa meningkat. Peningkatan keterampilan proses IPA adalah 5 10% untuk keterampilan mengamati 0 86% menafsirkan pengamatan 12 00% menggunakan alat dan bahan 5 13% berkomunikasi dan 13 67% mengajukan pertanyaan. Secara keseluruhan keterampilan proses IPA siswa kelas VIII G SMP Negeri 13 Malang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 7 35%. Keterampilan berpikir kreatif siswa juga mengalami peningkatan dari 76 92% pada siklus I menjadi 84 61% pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil adalah pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan keterampilan proses IPA dan berpikir kreatif siswa kelas VIII G SMP Negeri 13 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18389

Actions (login required)

View Item View Item