Pengaruh pembelajaran the 5E learning cycle model dengan siklus descripyive tergadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 8 Malang / Herlince Hebu Sappu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran the 5E learning cycle model dengan siklus descripyive tergadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 8 Malang / Herlince Hebu Sappu

Sappu, Herlince Hebu (2012) Pengaruh pembelajaran the 5E learning cycle model dengan siklus descripyive tergadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 8 Malang / Herlince Hebu Sappu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci the 5 E learning cycle model siklus descriptive prestasi belajar siswa Observasi awal yang dilakukan di SMP Negeri 8 Malang menunjukkan bahwa pada semester genap tahun ajaran 2011-2012 siswa kelas VII E dengan jumlah 41 siswa hanya 6 siswa yang memperoleh nilai di atas 75 pada Ulangan Harian fisika ketiga. Sedangkan siswa kelas VII H yang mencapai nilai di atas 75 ada 3 dari 32 siswa. Hal ini menunjukkan rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fisika. Banyaknya siswa yang tidak mencapai KKM disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dalam proses pembelajaran. Di samping itu siswa jarang melakukan praktikum sehingga siswa kurang dilatih untuk berpikir kritis dan menemukan jawaban atas suatu permasalahan. Berdasarkan hasil observasi ini dapat disimpulkan bahwa diperlukan adanya model pembelajaran baru yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Model pembelajaran yang diusulkan adalah The 5E Learning Cycle dengan siklus Descriptive. Model pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi ide atau pengetahuan baru secara aktif. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran The 5E Learning Cycle dengan siklus Descriptive lebih baik daripada prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 8 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes awal dan tes akhir prestasi belajar fisika. Instrumen perlakuan berupa RPP pembelajaran model The 5E Learning Cycle dengan siklus Descriptive dan RPP pembelajaran konvensional. Instrumen pengukuran adalah tes prestasi belajar fisika berupa pre-test dan post-test. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan VII H SMPN 8 Malang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 antara bulan Februari-Maret 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran The 5E Learning Cycle dengan siklus Descriptive lebih baik daripada prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Sehingga model pembelajaran The 5E Learning Cycle dengan siklus Descriptive dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18388

Actions (login required)

View Item View Item