Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dilanjutkan dengan peta konsep terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukodadi Kabupaten Lamongan / Widya Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dilanjutkan dengan peta konsep terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukodadi Kabupaten Lamongan / Widya Fitriana

Fitriana, Widya (2012) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dilanjutkan dengan peta konsep terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukodadi Kabupaten Lamongan / Widya Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Efektivitas Inkuiri Terbimbing Peta Konsep Prestasi Belajar Fisika Kurikulum yang diterapkan saat ini di Indonesia adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang kegiatan pembelajarannya berpusat pada siswa sehingga diharapkan kualitas pembelajaran meningkat. Kenyataannya masih banyak sekolah yang dalam kegiatan pembelajarannya masih berpusat pada guru sehingga kualitas pendidikan yang diharapkan belum tercapai secara optimal. Hasil observasi di SMAN 1 Sukodadi Kabupaten Lamongan menunjukkan masih banyak siswa yang belum mencapai KKM pada matapelajaran fisika. Perlu ada perubahan proses belajar yaitu proses belajar yang berpusat pada siswa sehingga perlu diadakan inovasi pembelajaran. Maka diadakan penelitian untuk menguji keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilanjutkan dengan peta konsep terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukodadi Kabupaten Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (Quasi Experi-mental Design) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMAN 1 Sukodadi Kabupaten Lamongan. Penen-tuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sebagai kelas inkuiri terbimbing-peta konsep adalah kelas X.C dengan jumlah 34 siswa dan sebagai kelas konvensional adalah kelas X.F dengan jumlah 32 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah yang diperoleh melalui tes (pretest dan posttest) dan lembar keterlaksanaan pembelajaran berupa komentar guru bidang studi SMAN 1 Sukodadi Kabupaten Lamongan. Hasil penelitian secara statistik menggunakan Uji-t (independent t test) dengan bantuan program SPSS 17.0 for Windows Evaluation Version. Uji-t satu pihak menghasilkan t hitung 2 800 dan t tabel 1 670 dengan df 64 dan 61537 0 05 sehingga t hitung t tabel maka prestasi belajar kelas inkuiri terbimbing-peta konsep lebih tinggi daripada prestasi belajar kelas konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran inkuiri terbim-bing dilanjutkan dengan peta konsep lebih efektif terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Sukodadi daripada model pembelajaran konvensioanl. Terbukti bahwa sekor rata-rata posttest kelompok siswa kelas inkuiri terbimbing-peta konsep (79 98) lebih tinggi daripada sekor rata-rata posttest kelompok siswa kelas konvensional (74 01).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18387

Actions (login required)

View Item View Item