Pengaruh penerapan model Numbered Head Together (NHT) dalam Learning Cycle 5E (LC 5E) terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Galuh Puspitaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model Numbered Head Together (NHT) dalam Learning Cycle 5E (LC 5E) terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Galuh Puspitaningrum

Puspitaningrum, Galuh (2012) Pengaruh penerapan model Numbered Head Together (NHT) dalam Learning Cycle 5E (LC 5E) terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Galuh Puspitaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Numbered Head Together Learning Cycle 5E motivasi prestasibelajar. Berdasarkanwawancaradengan guru fisikadanobservasiselamaPraktikPengalamanLapangan (PPL) padabulanJanuari-Februari di kelas VIII SMP Negeri 8 Malang didapatkanbahwapembelajaranFisika yang seringdigunakanadalahmetodeceramah dan diskusi. Akibatdaripembelajarantersebut siswacepatmerasabosandantidakantusiasdalammengikutipembelajaransehinggaperhatiansiswapadapelajaranfisikarendah.Selainitu siswakurangdapatmerasakanketerkaitan materidengankehidupannyata (relevansi). Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi belajar dan rendahnya prestasi belajar yang ditunjukan dengan hasil ulangan harian getaran dan gelombang siswa yang diatas KKM hanya 10 dari 43 siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut dicobamenerapkanmetodebelajarberbasiskonstruktivistikyaitu model Learning Cycle 5E dan model Numbered Head Together yang dipadukan menjadi model Numbered Head Together dalam Learning Cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah pengaruh penerapan model Numbered Head Together dalam Learning Cycle 5E terhadap motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan mengukur apakah pengaruh penerapan model Numbered Head Together dalam Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan rancangan Pretest-posttestControl Group Design. PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIII SMPNegeri8 Malang yang terdiridari9kelas.Sampelpenelitianterdiridari43siswakelasVIII Hsebagaikelaseksperimen dan43siswakelasVIII Fsebagaikelaskontrol. PemilihansampeldilakukansecaraProposive Sampling.Instrumen yang digunakandalampenelitianadalah instrumenmotivasi belajar berupa angket motivasi yangterdiri30peryataan dan instrumen prestasi belajar berupa soal tes yang terdiri 23 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh penerapan model Numbered Head Together dalam Learning Cycle 5E terhadap motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0 05 dan pengaruh penerapan model Numbered Head Together dalam Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0 05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18386

Actions (login required)

View Item View Item