Korelasi antara sikap belajar dan interaksi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Fisika angkatan 2011 pada matakuliah fisika dasar I / Nadia Dinina - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi antara sikap belajar dan interaksi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Fisika angkatan 2011 pada matakuliah fisika dasar I / Nadia Dinina

Dinina, Nadia (2012) Korelasi antara sikap belajar dan interaksi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Fisika angkatan 2011 pada matakuliah fisika dasar I / Nadia Dinina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci sikap belajar interaksi belajar prestasi belajar Fisika Dasar I Prestasi belajar merupakan aspek kemampuan kognitif yang menjadi dasar penentuan nilai matakuliah Fisika Dasar I. Prestasi belajar yang diperoleh mahasiswa tidak terlepas dari proses belajar mahasiswa. Ada dua faktor yang mempengaruhi proses belajar mahasiswa yakni faktor internal dan faktor eksternal. Di antara faktor internal adalah faktor jasmani faktor psikologis dan faktor kelelahan. Di antara faktor eksternal adalah faktor keluarga faktor sekolah dan faktor masyarakat. Sikap belajar merupakan bagian dari faktor internal dan interaksi belajar merupakan gambaran sebagian faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar hubungan sikap belajar dengan prestasi belajar hubungan interaksi belajar dengan prestasi belajar dan hubungan keduanya secara bersama-sama dengan prestasi belajar. Penelitian expost facto ini menggunakan dua kelas sebagai sampel penelitian dari populasi mahasiswa Jurusan Fisika angkatan 2011. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes prestasi belajar angket sikap belajar dan lembar observasi interaksi belajar. Pengumpulan data dimulai dengan mengobservasi interaksi belajar selama diskusi kelompok kemudian menyebar angket sikap belajar dan tes prestasi belajar di akhir perkuliahan Fisika Dasar I. Setelah data terkumpul dilakukan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis inferensialnya. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan tiga kesimpulan mengenai hubungan ketiga variabel penelitian ini. Kesimpulan yang pertama tidak terdapat hubungan antara sikap belajar dengan prestasi belajar. Kesimpulan yang kedua terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi belajar dengan prestasi belajar. Kesimpulan yang ketiga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap belajar dan interaksi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar. Hasil analisis dengan regresi ganda menunjukkan pengaruh sikap belajar dan interaksi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 24 9 %. Persentase 75 1% sisanya dipengaruhi oleh selain variabel sikap belajar dan interaksi belajar yang tidak diukur dalam penelitian ini. Sikap belajar yang diukur meliputi perasaan mahasiswa terhadap Fisika kesiapan mahasiswa untuk belajar Fisika dan kesadaran mahasiswa terhadap kegunaan fisika. Interaksi belajar yang diamati pada diskusi mahasiswa berupa aktivitas bertanya menjawab negosiasi dan menjelaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18384

Actions (login required)

View Item View Item