Ainiyah, Qurrotul (2012) Penggunaan peta konsep dan diagram Vee dalam pembelajaran pokok bahasan gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 2 MAN Tuban / Qurrotul Ainiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci peta konsep diagram vee hasil belajar. Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa pembel-ajaran Fisika di kelas XI IPA 2 MAN Tuban terdapat beberapa masalah antara lain (1) proses pembelajaran yang selama ini dilakukan masih berkutat pada pembelajaran konvensional (2) siswa tidak terbiasa mengoperasikan alat dan melakukan percobaan untuk mendapatkan fakta serta cenderung pasif di kelas (3) prestasi belajar fisika siswa belum bisa memenuhi standar ketuntasan minimum (SKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70 dengan rata-rata ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 30% sehingga sebagian besar siswa melakukan remidi untuk memperbaiki nilai mereka. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif kreatif dan mandiri selama proses pembelajaran yakni dengan menerapkan penggunaan peta konsep dan diagram vee yang diindikasikan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan kondisi tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses keterlaksanaan penggunaan peta konsep dan diagram vee dalam pembelajaran pokok bahasan gerak lurus di kelas XI IPA 2 MAN Tuban (2) mendeskripsikan bahwa melalui penerapan pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dan diagram vee mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPA 2 MAN Tuban. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Peneliti sebagai pengelola instrumen perancang tindakan dan guru. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui observasi kemampuan psikomotorik dan afektif siswa dalam pembelajaran peta konsep dan diagram vee serta pemberian tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Tahap-tahap penelitiannya meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi yang pelaksanaannya disesuaikan dengan pembelajaran peta konsep dan diagram vee. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dengan menggunakan peta konsep dan diagram vee telah berlangsung dengan baik hal ini ditunjukkan dengan persentase keterlaksanaan pada siklus I adalah 84 45% dan pada siklus II mencapai 100% (2) hasil belajar ranah kognitif siswa siklus I adalah 64 86%. Walaupun hasil ini belum memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal namun sudah menunjukkan adanya peningkatan dari hasil observasi awal dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76 68%. Sedangkan hasil belajar untuk ranah psikomotorik siswa siklus I adalah 75 17% dan dan pada siklus II meningkat menjadi 84 12%. Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan peta konsep dan diagram vee membuat siswa lebih aktif dan kreatif sehingga memberikan dampak positif dalam peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |