Paramitha, Yonanda Eka (2012) Penerapan model pembelajaran React berbasis inkuiri untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas VIII-E SMP Negeri 19 Malang / Yonanda Eka Paramitha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci model pembelajaran REACT berbasis inkuiri penguasaan konsep keterampilan proses sains Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika SMP Negeri 19 Malang menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa kelas VIII-E ren dah. Hal ini ditunjukkan dari sedikitnya siswa yang lulus KKM yaitu 9 orang dari 40 siswa dengan nilai rata-rata 64 4. Nilai KKM mata pelajaran fisika di SMP Negeri 19 Malang adalah 75. Selain itu Siswa juga kurang terlibat langsung da lam proses pembelajaran sehingga menyebabkan keterampilan proses sains siswa cenderung rendah. Dari permasalahan yang ada diperlukan adanya penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas VIII-E SMP Negeri 19 Malang melalui model pembelajaran REACT berbasis inkuiri. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuali tif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini ada lah siswa kelas VIII-E yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan tahun ajaran 2011/2012. Pokok bahasan yang digunakan da lam siklus I adalah pemantulan cahaya sedangkan pada siklus II adalah pembiasan cahaya. Data yang diambil dari penelitian ini adalah (1) data keterampilan proses sains (KPS) siswa yang dijaring melalui lembar observasi KPS (2) data tentang pe -nguasaan konsep yang diukur melalui tes akhir siklus dan (3) data keterlaksa na an model pembelajaran REACT berbasis inkuiri yang dijaring melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran REACT ber basis inkuiri telah terlaksana dengan baik pada siklus II dalam proses pembela jaran di kelas VIII-E SMP Negeri 19 Malang baik oleh guru maupun oleh siswa. Keterampilan proses sains siswa ke las VIII-E SMP Negeri 19 Malang telah meng-alami peningkatan yaitu dari persentase rata-rata 70 9% dengan kriteria cukup pada siklus I dan rata-rata sebesar 90 6% dengan kriteria baik pada siklus II. Selain itu pengua saan konsep siswa kelas VIII-E SMP Negeri 19 Malang juga mengalami pening katan yaitu per sen tase yang lulus KKM dari 22 5% sebelum tindakan menjadi 50% pada siklus I dan menjadi 75% pada siklus II. Berdasar-kan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep dan keterampil-an proses sains siswa kelas VIII-E SMP Negeri 19 Malang mengalami peningkat an melalui penerapan model pembelajar an REACT berbasis inkuiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18382 |
Actions (login required)
View Item |