Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu pada materi listrik dinamis / Lisa Ainun Najihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu pada materi listrik dinamis / Lisa Ainun Najihah

Najihah, Lisa Ainun (2012) Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu pada materi listrik dinamis / Lisa Ainun Najihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran inkuiri terbimbing prestasi belajar kemampuan berpikir tingkat tinggi Pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau keterampilan kognitif tingkat tinggi sangatlah penting bagi siswa dalam rangka membantu siswa untuk berpikir lebih baik dalam menyelesaikan masalah. Informasi yang dipelajari melalui proses berpikir tingkat tinggi diingat lebih lama dan lebih jelas dari pada informasi yang diproses melalui kemampuan berpikir tingkat rendah dan menghafal. Salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penggunaan model pembelajaran inkuiri memberikan peluang pada siswa untuk mencari meneliti dan memecahkan masalah menggunakan teknik pemecahan masalah melalui metode ilmiah. Pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dipercaya dapat melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa karena dalam proses pembelajaran ini melibatkan hampir semua aspek kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan eksperimental semu ( quasy eksperimental- design). Desain ini memiliki kelompok kontrol tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Faktor- faktor luar yang dapat mempengaruhi hasil penelitian ini tidak dapat dikontrol. Berdasarkan hasil penelitian prestasi belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari pada prestasi belajar siswa yang belajar dengan model konvensional. Perbedaan prestasi belajar siswa ditunjukkan dari hasil uji-t data yang menunjukkan (2- tailed)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18381

Actions (login required)

View Item View Item