Mualima (2012) Penerapan metode quantum learning dengan teknik mencatat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan hasil belajar fisika bagi siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang / Mualima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Metode Quantum Learning Peta Pikiran (Mind Mapping) Hasil Belajar. Berdasarkan observasi awal pada kelas VII-I SMP Negeri 20 Malang tampak bahwa pembelajaran masih terpusat pada guru siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Cara penerimaan informasi juga kurang efektif hasil belajar siswapun masih banyak yang dibawah KKM. Salah satu metode pembelajaran yang dapat memperbaiki proses pembelajaran di kelas tersebut adalah metode Quantum Learning dengan teknik mencatat mind mapping. Penelitian bertujuan untuk menerapkan metode Quantum Learning dengan teknik mencatat Peta Pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-I SMPN 20 Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 38 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Instrumen yang digunakan meliputi lembar keterlaksanaan pembelajaran soal tes kognitif lembar observasi aspek afektif lembar observasi aspek keterampilan membuat mind mapping RPP dan handout. . Analisis data yang digunakan melimputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Quantum learning dengan teknik mencatat mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII-I SMP Negeri 20 Malang. Hasil belajar aspek kognitif meningkat sebesar 13 42% dari siklus I ke siklus II hasil belajar aspek afektif meningkat dari siklus I sebesar 10 53% ke siklus II hasil belajar aspek ketrampilan membuat mind mapping meningkat dari siklus I sebesar 12 58% ke II. Peningkatan tersebut terjadi karena adanya motivasi pada diri siswa yang lebih aktif di kelas agar mendapatkan nilai yang maksimal dan hasil belajarnya meningkatfektif guru membimbing kelompok tertentu dan cenderung memberikan penye lesaian terhadap masalah siswa secara langsung tanpa memberikan pertanyaan arahan terlebih dahulu
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18380 |
Actions (login required)
View Item |