Peningkatan motivasi dan hasil belajar fisika kelas X-6 SMAN 2 Malang melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta konsep / Risfandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi dan hasil belajar fisika kelas X-6 SMAN 2 Malang melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta konsep / Risfandi

Risfandi (2012) Peningkatan motivasi dan hasil belajar fisika kelas X-6 SMAN 2 Malang melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta konsep / Risfandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Problem Based Learning Motivasi Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X-6 SMAN Batu diperoleh informasi bahwa metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah. Metode praktikum dan diskusi belum pernah diterapkan sehingga motivasi belajar siswa meliputi perhatian lama belajar usaha irama perasaan ekstensi dan penampilan siswa rendah. Selain itu hasil belajar berupa aspek kognitif afektif dan psikomotorik rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas X-6 SMAN Batu melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan peta konsep. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) serta bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus PTK terdiri atas perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi.Tindakan pada penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL) berbantuan peta konsep. Penelitian ini dilakukan di kelas X- 6 SMAN Batu semester genap 2011/2012. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran PBL berbantuan peta konsep data hasil belajar dan motivasi siswa yang diambil dari hasil observasi baik sebelum maupun selama penelitian dilakukan. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) berbantuan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Pada siklus I nilai hasil belajar aspek kognitif dengan nilai rata-rata 74 40 dengan ketuntasan belajar 64 29% nilai aspek psikomotor dengan rata-rata 2 09 dalam rentang nilai 1-4 dan aspek afektif dengan rata-rata 2 39 dalam rentang nilai 1-4. Kemudian pada siklus II nilai hasil belajar aspek kognitif dengan nilai rata-rata 92 26 dengan ketuntasan belajar 89 28% nilai aspek psikomotor dengan rata-rata 3 33 dalam rentang nilai 1-4 dan aspek afektif dengan rata-rata 3 25 dalam rentang nilai 1-4. Persentase motivasi belajar pada siklus I adalah 54 92% dan pada siklus II menjadi 81 99% (naik 27 07%). Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan peta konsep dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas X-6 SMAN 2 Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18379

Actions (login required)

View Item View Item