Khuzaimah, Nurul (2012) Penerapan model pembelajaran react pada siswa kelas VIII-D MTs Negeri 1 Bangil untuk meningkatkan prestasi belajar fisika dan keterampilan proses sains / Nurul Khuzaimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci REACT prestasi belajar keterampilan proses sains Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA MTs Negeri 1 Bangil diketahui bahwa diketahui pula keterampilan proses sains rendah. Selain itu prestasi belajar siswa kelas VIII-D masih rendah. Hal itu dibuktikan ketika ulangan harian bunyi ada 15 dari 39 siswa yang belum tuntas atau sebesar 38.5% dengan nilai rata-rata 69.1. Guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah. Meskipun adakalanya ceramah itu penting tapi untuk meningkatkan keterampilan proses sains lebih baik digunakan suatu metode atau model pembelajaran yang bisa membuat siswa aktif dalam pembelajaran dan mengalami sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas VIII-D MTs Negeri 1 Bangil. Tindakan yang diberikan pada penelitian ini berupa penerapan model pembelajaran REACT. Penelitian dilaksanakan dua siklus tiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-D yang berjumlah 39. Materi yang digunakan adalah cahaya dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran keterampilan proses sains dan catatan lapangan. Prestasi belajar diukur dengan tes pilihan ganda tiap akhir siklus. Hasil yang didapatkan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah Siswa dapat aktif dalam mengamati menafsirkan pengamatan menggunakan alat dan bahan menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil praktikum. Keterlaksanaan pembelajaran menggunkan REACT meningkat dari 81.3% menjadi 90%.. Keterampilan proses sains siswa meningkat dari 72.4% menjadi 83.04%. Prestasi belajar siswa sebelum tindakan persentase ketuntasan sebesar 61.5%. Siklus I persentase ketuntasan sebesar 74.4% (meningkat 12.9% dari sebelum diberi tindakan). Persentase pada siklus II menjadi 82.05% meningkat 7.6% dari siklus I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran REACT dapat meningkatkan prestasi belajar fisika dan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18376 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |