Pembelajaran dengan model siklus belajar hipotetikal deduktif untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas X-I SMA Panjura Malang / Wisnu Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran dengan model siklus belajar hipotetikal deduktif untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas X-I SMA Panjura Malang / Wisnu Prasetyo

Prasetyo, Wisnu (2012) Pembelajaran dengan model siklus belajar hipotetikal deduktif untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas X-I SMA Panjura Malang / Wisnu Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci siklus belajar hipotetikal deduktif keterampilan proses prestasi belajar. Hasil observasi kelas dan wawancara dengan guru fisika kelas X-I SMA PANJURA Malang menunjukkan bahwa keterampilan proses dan prestasi belajar fisika siswa relatif rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-I SMA PANJURA Malang Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan alur pelaksanaan tindakan yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-I SMA PANJURA Malang terhadap 36 siswa. Penelitian terdiri dari 2 siklus dengan melaksanakan pembelajaran dengan model siklus belajar hipotetikal deduktif. Pengumpulan data dilakukan dengan catatan lapangan lembar observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif (berupa kata atau kalimat) dan kuantitatif (berupa angka). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan pembelajaran yang tediri dari tahap eksplorasi pengenalan konsep dan penerapan konsep mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. (2) Keterampilan proses siswa yang terdiri dari 8 indikator yaitu menyusun hipotesis merancang penelitian melaksanakan eksperimen observasi atau pengamatan mengukur mengumpulkan data dan mengolah data menyimpulkan dan mengkomunikasikan meningkat dari siklus I ke siklus II. (3) Prestasi belajar siswa dimensi C1 sampai C3 meningkat dari sebelum diberi tindakan ke siklus I sampai siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18374

Actions (login required)

View Item View Item