Permitasari, Dita Ayu (2012) Pengembangan bahan ajar berbasis laboratorium untuk mendukung pembelajaran fisika kelas X semester 2 Program SBI/RSBI dengan tema kelistrikan / Dita Ayu Permitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci bahan ajar berbasis laboratorium tema kelistrikan. Kemajuan IPTEK mendorong pendidikan menghasilkan SDM yang mempunyai daya saing internasional dan mampu menghadapi kompetisi global. Pemerintah menyelenggarakan sekolah SBI/RSBI untuk meningkatkan mutu pendidikan. Komponen pembelajaran menjadi hal penting dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah pemilihan bahan ajar untuk SBI/RSBI. Selama ini sekolah SBI/RSI menggunakan buku pelajaran yang dijual di pasaran yang menyajikan materi secara langsung dan kurang menyajikan kegiatan praktikum yang memberikan kesempatan siswa menemukan sendiri konsepnya. Bahan ajar yang diperlukan siswa adalah bahan ajar yang dapat memberikan kesempatan siswa untuk melakukan kegiatan hands-on dan minds-on. Oleh sebab itu diperlukan bahan ajar berbasis laboratorium untuk mendukung proses pembelajaran fisika program SBI/RSBI. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan bahan ajar berbasis laboratorium untuk mendukung proses pembelajaran fisika keas X semester 2 program SBI/RSBI dengan tema kelistrikan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan penelitian yang dimodifikasi dari penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) studi pendahuluan (2) perancangan produk (3) pengembangan draft produk (4) uji coba terbatas dan (5) revisi hasil uji coba. Kelayakan bahan ajar ditentukan dari hasil penilaian dua dosen fisika dan dua guru fisika SMA Negeri 1 Trenggalek. Instrumen yang digunakan berupa angket kelayakan isi penyajian isi dan bahasa bahan ajar. Instrumen ini menggunakan skala terendah 1 dan skala tertinggi 4. Dari hasil uji kelayakan isi dan penyajian isi bahan ajar mendapatkan nilai rata-rata 3.60 dengan katerangan valid atau layak. sedangkan dari uji bahasa bahan ajar mendapatkan nilai rata-rata 3.46 dengan keterangan valid atau layak. Dengan demikian bahan ajar berbasis laboratorium dengan tema kelistrikan layak untuk mendukung proses pembelajaran fisika kelas X semester 2. Walaupun sudah mendapatkan kategori layak disarankan untuk peneliti lain melakukan uji kelayakan empiris dan melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat efektifitas bahan ajar berbasis laboratorium dalam pembelajaran fisika. Selain itu bahan ajar berbasis laboratorium ini juga dapat dikembangkan dengan tema yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18372 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |