Penerapan model pembelajaran STAD dengan peta konsep dan penilaian autentik untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Tumpang / Cindy Ira Amalia

Amalia, Cindy Ira (2012) Penerapan model pembelajaran STAD dengan peta konsep dan penilaian autentik untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Tumpang / Cindy Ira Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : STAD, peta konsep, penilaian autentik, motivasi, prestasi belajar. Penerapan strategi pembelajaran baru akan menciptakan suasana yang mampu menumbuhkan kebermaknaan siswa untuk mempelajari fisika, sehingga siswa akan banyak terlibat dalam penyusunan konstruksi-konstruksi pemikiran, yang akan mempengaruhi motivasi dan prestasi belajar siswa menjadi lebih meningkat. Student Team Achievement Divisions (STAD) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang cocok untuk penyusunan kontruksi pemikiran. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran STAD dengan peta konsep dan penilaian autentik dengan baik sehingga meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Tumpang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu dengan menggunakan tindakan berupa penerapan model pembelajaran STAD dengan peta konsep dan penilaian autentik. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu planning (perencanaan), acting and obseving (tindakan dan pengamatan), reflecting (refleksi) dan revise plan (rencana perbaikan). Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif datanya diperoleh dari hasil observasi (dengan instrumen lembar observasi motivasi). Sedangkan analisis deskriptif kuantitatif datanya diperoleh dari hasil observasi motivasi peserta didik yang diangkakan, portofolio dan hasil tes kognitif tiap akhir siklus. Materi dalam penerapan model pembelajaran STAD ini yaitu teori kinetik gas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2. Penelitian ini berakhir pada siklus kedua dan setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data, untuk keterlaksanaan model pada siklus 1 mendapatkan skor sebesar 80,6 sedangkan siklus 2 mendapatkan skor sebesar 88,6. Walaupun persentase skor rata-rata observasi motivasi siklus 1 hanya menunjukkan 28,95 %, namun untuk siklus 2, persentase skor rata-rata observasi motivasi yang diperoleh adalah 85,53 % siswa telah memperoleh nilai di atas KKM. Kemudian untuk hasil analisis data prestasi belajar menunjukkan bahwa sebelum diberi tindakan hanya 71,05 % dari siswa yang memenuhi KKM, namun setelah diberi tindakan pada siklus I menunjukkan bahwa persentasi nilai prestasi belajar yang di atas KKM sebesar 84,2%. Kemudian hasil ujian siklus 2 menunjukkan bahwa persentasi nilai prestasi belajar yang di atas KKM sebesar 90%. Hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dengan peta konsep dan penilaian autentik dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18370

Actions (login required)

View Item View Item