Profil kerja ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan fisika dasar di Universitas Negeri Malang / Riyya Hanifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kerja ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan fisika dasar di Universitas Negeri Malang / Riyya Hanifah

Hanifah, Riyya (2012) Profil kerja ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan fisika dasar di Universitas Negeri Malang / Riyya Hanifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kerja Ilmiah Prestasi Belajar Perkuliahan Fisika Dasar Fisika Dasar memiliki peranan penting bagi mahasiswa untuk mempelajari fisika lebih lanjut. Pemahaman yang diperoleh mahasiswa dalam Fisika Dasar merupakan landasan untuk belajar fisika selanjutnya. Melihat begitu pentingnya matakuliah Fisika Dasar dalam kuliah maka diperlukan penanganan yang tepat dalam pembelajaran Fisika Dasar. Pembelajaran fisika seutuhnya melibatkan penemuan konsep melalui kerja ilmiah. Fakta di berbagai negara menunjukkan bahwa banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam perkuliahan Fisika Dasar yang disebabkan oleh metode pembelajaran kesulitan tugas dan cara belajar yang tidak tepat. Penelitian ini bermaksud mencari tahu apakah kondisi pembelajaran Fisika di berbagai negara juga terjadi di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan 4 hal yaitu pelaksanaan perkuliahan Fisika Dasar di UM bantuan dosen untuk mahasiswa agar prestasi belajar tinggi profil prestasi belajar dan profil kerja ilmiah mahasiswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa peserta perkuliahan Fisika Dasar tahun 2011 di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Sampel yang digunakan sebanyak 27 mahasiswa yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian meliputi instrumen tes lembar observasi dan lembar pedoman wawancara. Instrumen tes prestasi belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 17 butir dengan reliabilitas 0 738 essay untuk soal tes kerja ilmiah sebanyak 17 butir dengan reliabilitas 0 832. Data disajikan dalam bentuk persentase rerata simpangan baku median modus dan diagram. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil prestasi belajar mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang masih rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya rerata total dan tingkat pencapaian mahasiswa terhadap materi Fisika Dasar. Tingkat pencapaian mahasiswa pada subtopik persamaan gelombang optika fisik optika geometrik listrik statis dan induksi magnet kurang dari 55%. Hal ini disebabkan karena pemahaman awal yang mereka dapat dari SMA untuk subtopik tersebut belum membantu menjangkau materi di perkuliahan. Tingkat pencapaian pada subtopik listrik dinamis dan medan magnet lebih dari 70%. Hal ini mengindikasikan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman awal yang baik untuk subtopik tersebut sehingga memudahkan mereka untuk menerima materi perkuliahan. Profil kerja ilmiah mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang juga masih rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya rerata total dan tingkat pencapaian mahasiswa terhadap indikator kerja ilmiah. Tingkat pencapaian tertinggi mahasiswa sebesar 76.26% yaitu indikator membuat grafik. Hal ini disebabkan mahasiswa dituntut untuk bisa membuat grafik terutama pada saat praktikum ii sehingga indikator membuat grafik dirasa mudah bagi mahasiswa. Tingkat pencapaian mahasiswa pada indikator menetapkan variabel menyusun rancangan percobaan merumuskan hipotesis menyimpulkan percobaan kurang dari 70%. Rendahnya tingkat pencapaian kerja ilmiah mahasiswa secara umum disebabkan karena kurangnya pemberian pengalaman terhadap mahasiswa. Rendahnya prestasi belajar dan kerja ilmiah mahasiswa mengindikasikan mahasiswa mengalami kesulitan memahami materi padahal pelaksanaan perkuliahan oleh dosen sudah tepat. Bantuan yang diberikan dosen juga belum mampu membantu mahasiswa mengatasi kesulitan belajar selama ini. Kesulitan mahasiswa terutama disebabkan oleh lebarnya celah (gap) antara kemampuan awal yang dimiliki mahasiswa dengan materi Fisika Dasar yang diajarkan oleh dosen. Oleh karena itu diperlukan penghubung yang tepat untuk membantu mahasiswa melalui celah tersebut yaitu scaffolding. Untuk itu perlu sesegera mungkin scaffolding ini diwujudkan dan diteliti lebih lanjut apakah memang dapat membantu mahasiswa mengatasi kesulitan serta meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18369

Actions (login required)

View Item View Item