Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-4 SMAN 5 Malang / Haritsah Alfad - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-4 SMAN 5 Malang / Haritsah Alfad

Alfad, Haritsah (2012) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-4 SMAN 5 Malang / Haritsah Alfad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci problem based learning kemampuan berpikir kritis prestasi belajar Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal pada kelas X-4 SMAN 5 Malang ditemukan bahwa pembelajaran fisika sering dilakukan dengan metode ceramah. Rata-rata hasil belajar fisika siswa pada materi sebelumnya 69 89 dan 65 52% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Kesulitan yang dihadapi oleh guru adalah mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran meningkatkan antu-siasme siswa terhadap materi yang diajarkan meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Untuk me-ngatasi permasalahan tersebut maka diputuskan untuk menerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Rangkaian penelitian dilaksanakan mulai tanggal 24 Februari hingga 20 April 2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMAN 5 Malang semester genap tahun ajaran 2011/2012 sejumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tindakan yaitu RPP dan LKS serta instru-men pengukuran yaitu lembar observasi keterlaksanaan RPP tes kemampuan berpikir kritis tes prestasi belajar dan catatan lapangan. Data penelitan berupa data hasil keterlaksanaan RPP kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis yang dicapai oleh siswa ditandai dengan meningkatnya hasil uji kemampuan berpikir kritis dari siklus I ke siklus II sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa ditandai dengan mening-katnya hasil tes siswa dibandingkan dengan prestasi belajar prasiklus siklus I dan siklus II. Pelaksanaan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X-4 SMAN 5 Malang menunjukkan hasil sebagai berikut. Keter-laksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran 87 50% terlaksana pada siklus I dan 96 88% pada siklus II atau meningkat 9 38%. Persentase kemampuan berpikir kritis siswa meningkat sebesar 29 28% dari siklus I sebesar 64 64 dan siklus II 83 57. Sedangkan persentase prestasi belajar fisika siswa meningkat sebesar 15 73% dari prasiklus serta meningkat sebesar 23 15% pada siklus II. Dampak positif setelah diterapkan tindakan adalah jumlah siswa kelas X-4 SMAN 5 Malang yang mampu mencapai KKM meningkat dari 34 48% menjadi 89 28% dengan peningkatan sebesar 54 80%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan ke-mampuan berpikir kritis siswa kelas X-4 SMAN 5 Malang sebesar 29 28% meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X-4 SMAN 5 Malang sebesar 23 15% dan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM hingga 89 28%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18368

Actions (login required)

View Item View Item