Profil sikap ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan fisika dasar di Universitas Negeri Malang / Zulaikah - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil sikap ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan fisika dasar di Universitas Negeri Malang / Zulaikah

Zulaikah (2012) Profil sikap ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan fisika dasar di Universitas Negeri Malang / Zulaikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Fisika Dasar Prestasi Belajar Sikap Ilmiah. Fisika Dasar merupakan mata kuliah wajib yang merupakan landasan untuk mempelajari fisika selanjutnya namun hasil studi pendahuluan penelitian Saul et.al sebelumnya menunjukkan bahwa berdasarkan laporan dosen-dosen fisika banyak mahasiswa yang menempuh matakuliah Fisika Dasar yang diselenggarakan melalui ceramah dan kegiatan laboratorium tradisional mengalami berbagai kesulitan. Komponen penting dalam perkuliahan Fisika Dasar tidak hanya prestasi belajar tetapi juga sikap ilmiah mahasiswa dalam menempuh mata kuliah tersebut karena dengan sikap ilmiah yang positif mahasiswa akan cenderung untuk belajar lebih baik. Selain itu hal-hal penting dalam perkuliahan adalah kegiatan perkuliahan dan fasilitas akademis yang diberikan dosen. Oleh karena itu diperlukan adanya penelitian terhadap karakteristik kegiatan perkuliahan fasilitas akademis yang diberikan pada mahasiswa profil sikap ilmiah dan prestasi belajar mahasiswa Universitas Negeri Malang dalam perkuliahan Fisika Dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode tes prestasi belajar pengisian skala sikap ilmiah wawancara dosen dan mahasiswa dan observasi kegiatan perkuliahan Fisika Dasar. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perkuliahan Fisika Dasar di UM dilaksanakan dengan tepat bantuan-bantuan yang diberikan dosen meliputi bimbingan diluar perkuliahan oleh dosen sendiri dan kegiatan tutorial oleh asisten dosen. Profil sikap ilmiah mahasiswa UM dalam perkuliahan Fisika Dasar sudah tinggi yaitu dengan skor rata-rata 61 6 atau 77 0%. Prestasi belajar Fisika Dasar mahasiswa masih rendah skor rata-rata 9 4 atau dengan persentase sebesar 55 2%. Pencapaian skor prestasi belajar topik listrik statis (48 1%) topik listrik dinamis (70 9%) topik medan magnet (78 5%) topik induksi elektomagnetik (55 4%) topik persamaan gelombang (46 2%) topik optik fisis (48 1 0%) dan topik optik geometri (47 7%). Skor prestasi yang rendah menunjukkan bahwa mahasiswa masih mengalami kesulitan belajar dan didukung dari hasil wawancara terhadap dosen dan mahasiswa. Semua mahasiswa yang diwawancara menyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan belajar Fisika Dasar. Semua dosen yang diwawancarai juga menyatakan hal yang sama dengan persentase bervariasi. Pelaksanaan perkuliahan Fisika Dasar yang tepat dan sikap ilmiah mahasiswa baik masih belum berdampak positif terhadap prestasi belajar mahasiswa. Bantuan akademis dengan berbagai cara untuk mengurangi kesulitan belajar mahasiswa yang secara umum dilaksanakan di luar jam kuliah juga belum bisa mengatasi kesulitan belajar mahasiswa dengan kata lain perkuliahan yang sudah tepat masih belum mampu menjembatani prestasi belajar mahasiswa menuju pemahaman Fisika Dasar yang mantap. Oleh karena itu diperlukan bantuan pendampingan dan dukungan yang diintegrasikan kedalam kegiatan perkuliahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18367

Actions (login required)

View Item View Item