Kajian implementasi model pembelajaran generatif dengan tugas ope ended dan close ended terhadap prestasi, keterampilan proses dan sikap belajar mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang / Zuffa Anisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian implementasi model pembelajaran generatif dengan tugas ope ended dan close ended terhadap prestasi, keterampilan proses dan sikap belajar mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang / Zuffa Anisa

Anisa, Zuffa (2012) Kajian implementasi model pembelajaran generatif dengan tugas ope ended dan close ended terhadap prestasi, keterampilan proses dan sikap belajar mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang / Zuffa Anisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Generatif Tugas Open Ended Tugas Close Ended Keterampilan Proses Sikap Belajar Fisika Dasar merupakan matakuliah yang menjadi dasar untuk melanjutkan mata kuliah-mata kuliah lain namun kemampuan awal Fisika mahasiswa Fisika Dasar rendah. Hal ini terlihat dari hasil pre-test yang rendah Berdasarkan hasil wawancara pendahuluan mahasiswa merasa bahwa fisika itu sulit karena terlalu banyak rumus. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan konsep fisika masih rendah. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa sikap dan keterampilan proses mahasiswa rendah. Saat pembelajaran berlangsung mahasiswa hanya diam bahkan terlihat tidak tertarik saat mengikuti perkuliahan. Bahkan ketika dosen berupaya untuk berinteraksi mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa mahasiswa tidak kunjung menjawab secara aktif. Upaya untuk meningkatkan prestasi belajar keterampilan proses dan sikap mahasiswa perlu dilakukan. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran tepat yang dapat meningkatkan keterampilan proses dan sikap belajar sehingga menyebabkan prestasi belajar meningkat. Dalam penelitian ini peneliti mencoba membandingkan model pembelajaran dengan pemberian tugas open ended dan close ended. Pembelajaran generatif dengan tugas close ended masih tetap diberikan karena melihat kemampuan awal dan penguasaan konsep yang masih rendah. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan pendekatan open ended dapat meningkatkan pemahaman kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Oleh karena itu peneliti mencoba membandingkan 2 model pembelajaran tersebut dan menerapkan kepada mahasiswa Fisika Dasar untuk meningkatkan prestasi keterampilan proses serta sikap belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian semu (quasi experiment design). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fisika angkatan 2010 tahun ajaran 2011/2012 Universitas Negeri Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas C dan M. Kelas C terdiri dari 34 mahasiswa sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas M terdiri dari 37 mahasiswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa terdapat perbedaan prestasi keterampilan proses dan sikap belajar yang signifikan antara mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran generatif dengan tugas open ended dan close ended. Prestasi keterampilan proses dan sikap belajar mahasiswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif dengan tugas open ended lebih baik dari pada mahasiswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran close ended.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18366

Actions (login required)

View Item View Item