Hudha, Muhammad Nur (2012) Authentic learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa program studi pendidikan fisika Universitas Negeri Malang dalam mata kuliah strategi pembelajaran fisika / Muhammad Nur Hudha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Authentic learning berpikir kritis Tingkat kemampuan berpikir kritis untuk menyelesaikan suatu permasalahan awal mahasiswa prodi pendidikan fisika masih belum maksimal. Kemampuan berpikir kritis dapat diamati melalui tes dengan indikator yaitu merumuskan masalah memberi argumen melakukan deduksi melakukan induksi melakukan evaluasi memutus dan melaksanakan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dari Kemmis Mc Taggart dengan tahapan indentifikasi masalah perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan tindakan berupa authentic learning. Authentic Learning yang digunakan berupa Problem Based Learning (PBL) Think Pair Share (TPS) Two Stay Two Stray (TS-TS). Penelitian dilakukan dua siklus pada 19 mahasiswa pada matakuliah Strategi Pembelajaran Fisika (SPF) di Prodi Pendidikan Fisika UM. Keterlaksanaan authentic learning diukur menggunakan Lembar Keterlaksanaan Pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis diukur dengan menggunakan tes pada setiap akhir siklus. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase rata-rata keterlaksanaan authentic learning sebesar 6 75%. Sedangkan persentase rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kritis diperoleh peningkatan sebesar 11%. Indikator merumuskan masalah memberi argumen melakukan deduksi melakukan induksi mengalami peningkatan. Indikator melakukan evaluasi persentasenya tetap dan indikator memutus dan melaksanakan mengalami penurunan. Kesimpulan penelitian ini adalah authentic learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika pada matakuliah Strategi Pembelajaran Fisika (SPF) di UM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |