Authentic learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang / Badruz Zaman - Repositori Universitas Negeri Malang

Authentic learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang / Badruz Zaman

Zaman, Badruz (2012) Authentic learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang / Badruz Zaman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci authentic learning kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa prodi Pendidikan Fisika masih kurang sehingga perlu ditingkatkan. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan menerapkan authentic learning. Kemampuan pemecahan masalah dapat diukur dengan tes. Kemampuan tersebut memiliki keterampilan yang meliputi identifikasi masalah merumuskan masalah menganalisis masalah menarik kesimpulan mencari solusi melakukan evaluasi dan memecahkan dan menyelesaikan masalah . Penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah bagi mahasiswa melalui penerapan authentic learning. Penerapan authentic learning dilaksankan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) Think Pair Share (TPS) dan Jigsaw. Penelitian dilakukan di kelas AY CC yang terdiri dari 19 mahasiswa pada semester genap tahun akademik 2011/2012. Materi ajar pada pelaksanaan tindakan adalah hakikat IPA dan teori-teori belajar. Keterlaksanaan authentic learning diukur menggunakan Lembar Keterlaksanaan Pembelajaran. Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa diukur menggunakan soal tes pilihan ganda. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data secara lengkap dalam bentuk kalimat. Analisis kuantitatif digunakan sebagai data pendukung yang ditampilkan dalam bentuk angka dan persentase. Hasil penelitian menujukkan terdapat peningkatan persentase keterlaksanaan authentic learning sebesar 8 14%. Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa juga meningkat sebesar 13%. Keterampilan identifikasi masalah merumuskan masalah menganalisis masalah dan mencari solusi mengalami peningkatan. Keterampilan memecahkan dan menyelesaikan masalah mengalami penurunan. Sedangkan keterampilan menarik kesimpulan dan melakukan evaluasi tidak mengalami perubahan. Kesimpulan penelitian ini adalah authentic learning terlaksana sesuai harapan dan dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18362

Actions (login required)

View Item View Item