Authentic Learning dengan pendekatan kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada matakuliah strategi pembelajaran fisika (SPF) program studi pendidikan fisika / Eko Sujarwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Authentic Learning dengan pendekatan kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada matakuliah strategi pembelajaran fisika (SPF) program studi pendidikan fisika / Eko Sujarwanto

Sujarwanto, Eko (2012) Authentic Learning dengan pendekatan kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada matakuliah strategi pembelajaran fisika (SPF) program studi pendidikan fisika / Eko Sujarwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci authentic learning pendekatan kolaboratif kemampuan berpikir kreatif Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa yang mengikuti matakuliah Strategi Pembelajaran Fisika perlu ditingkatkan agar mahasiswa dapat mengembangkan program pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Dosen menerapkan Authentic Learning dengan Pendekatan Kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Program Studi Fisika yang mengikuti matakuliah Strategi Pembelajaran Fisika. Kemampuan berpikir kreatif mencakup keterampilan mengenali masalah keterampilan menganalisis keterampilan berpikir divergen dan keterampilan mengelaborasi. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dari Kemmis Mc Taggart. Penelitian dilakukan selama tiga siklus pada offering CC kelas AY yang terdiri dari 19 mahasiswa pada tahun akademik 2011/2012. Materi ajar pada pelaksanaan tindakan adalah Hakikat IPA/Fisika dan implementasinya terhadap pembelajaran fisika teori-teori belajar IPA/Fisika dan model-model pembelajaran IPA/Fisika. Keterlaksanaan Authentic Learning dengan Pendekatan Kolaboratif diukur menggunakan Lembar Observasi Keterlaksanaan Authentic Learning dengan Pendekatan Kolaboratif. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa diukur menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif yang berupa soal pilihan ganda. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data secara lengkap dalam bentuk kalimat. Analisis kuantitatif digunakan sebagai data pendukung yang ditampilkan dalam bentuk angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Authentic Learning dengan Pendekatan Kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Keterampilan mengenali masalah dan keterampilan berpikir divergen mengalami penurunan sedangkan keterampilan menganalisis dan keterampilan mengelaborasi mengalami peningkatan. Keterlaksanaan authentic learning dengan pendekatan kolaboratif mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II namun mengalami penurunan pada siklus III sehingga penerapan Authentic Learning dengan Pendekatan Kolaboratif dalam pembelajaran perlu ditingkatkan dan dilaksanakan secara seimbang setiap aspeknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18360

Actions (login required)

View Item View Item